Jual Beli Emas Perhiasan Meningkat, Jenis 999 Rp 830 Ribu Per Gram

PERHIASAN : JUN/BERITA SAMPIT - Harga emas perhiasan di Sampit kembali naik, tapi trend jual beli meningkat jelang ramadan 1442 H.

SAMPIT – Harga emas perhiasan jenis 999 sempat mengalami penurunan hingga Rp. 810.000 per gram diakhir bulan Maret, tapi kembali menggeliat di awal April 2021 atau H-10 bulan ramadan 1442 H. Saat ini untuk emas perhiasan jenis 999 yang di kota Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) dikenal dengan sebutan emas amerika di bandrol Rp. 830.000 per gram.

Kenaikan harga logam mulia ini tidak serta merta menurunkan minat pembeli, bahkan transaksi jual beli emas perhiasan cenderung meningkat. Hal ini diakui, Sani, owner Toko Emas Mitra Baru di Pusat Perbelanjaan Mentaya Sampit.

Jika biasanya, menjelang ramadan banyak pengunjung yang menjual kembali perhiasannya, namun saat ini cukup seimbang antara pembelian dan penjualan.

“Hari ini cukup ramai, mungkin karena baru saja gajian. Untuk transaksi seimbang antara penjualan dan pembelian, 50 persen membeli 50 perpen jual kembali. Mungkin karena adanya aturan untuk tidak mudik tahun ini membuat masyarakat menginvetasikan dananya dengan membeli perhiasan,” ucapnya.

BACA JUGA:   Anggota DPRD Kotim Pingsan Usai Disuntik Vaksin

Sedangkan jenis perhiasan yang diminati konsumen cukup beragam, mulai dari anting-anting, kalung, gelang hingga cincin. “Sementara ini tidak ada tren model yang acuan dicari konsumen. Masih dengan model setahun lalu untuk semua perhiasan,” imbuhnya.

Disebutkan, naiknya harga emas jenis 999, turut mendongkrak naik harga jenis emas dibawahnya, seperti emas jenis 750 (emas putih), emas kadar 700 (emas singapore), serta emas perhisan kadar 420 dan kadar 375.

Beberapa konsumen yang menjual kembali perhiasannya mengaku, selain untuk kebutuhan harian kebutuhan, tapi juga untuk modal usaha selama ramadan. Salah satunya Fitri, pedagang kuliner khas ramadan.

“Untuk modal jualan bang nanti pas bulan puasa. Selain beli bahan juga perbaikan wadah dan meja jualan. Alhadulillah harga jualnya tadi masih tinggi,” kata Fitri, yang setiap tahunnya di bulan ramadan, berjualan jajanan dan lauk pauk untuk buka puasa.

BACA JUGA:   Parkiran Kontainer di Bundaran KB Membahayakan Pengguna Jalan

Dirinya berharap ramadan tahun ini jualan ramai seperti ramadan sebelumnya dan bisa kembali membeli perhiasan yang baru saja dijual.

“Mudah-mudahan kondisi pandemi menurun dan membaik. Hasil jualan nantikan bisa buat lebaran, syukur-syukur ada lebih bisa beli baju baru dan perhiasan yang baru lainnya,” doanya penuh harap.

Konsumen lainnya, Isna, mengatakan, membeli perhiasan untuk investasi. Terlebih usai ramadan sudah memasuki tahun ajaran baru.

“Mumpung ada dananya, saya belikan perhiasan. Ya buat jaga-jaga aja buat lebaran juga persiapan untuk sekolah anak-anak. Habis lebaran inikan sudah masuk tahun ajaran baru,” ucap ibu dua anak ini, yang salah satu anaknya akan masuk SMA.

Berikut harga emas perhiasan yang dihimpun beritasampit.co.id, per 4 Maret 2021.
Emas 999 (amerika) Rp. 830.000/gram.
Emas 750 (putih) Rp, 730.000/gram
Emas 700 (singapore) Rp. 650.000/gram.
Emas 420 dilevel Rp. 410.000/gram.
Emas 375 dibandrol Rp. 390.000/gram

(jun/beritasampit.co.id)