Awas Penipuan Online Banyak Barang Palsu, Ini Buktinya

MAN/BERITA SAMPIT - Paket Kacamata Ajaib yang dipesan online, setelah dibuka ternyata palsu karena bukan untuk semua ukuran jarak pandang, tapi hanya untuk jarak dekat.

PANGKALAN BUN – Sejak meluncurnya berbagai jenis iklan promosi melalui online banyak barang yang begitu menarik dan menakjubkan. Contohnya iklan “Kaca Mata Ajaib”.

Kaca mata ini dipromosikan, bahwa saat dipakai langsung bisa menyesuaikan ukuran pemakai, mau jarak dekat ataupun jarak jauh. Kaca mata ajaib itu dengan harga yang cukup murah yaitu Rp. 250.200, berikut ongkos kirim.

Namun seorang warga Perumahan Beringin Rindang Desa Pasir Panjang, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat berinisial MW yang tertarik dengan iklan kata mata itu mengaku kecewa.

“Setelah saya mendapatkan kiriman kaca mata melalui jasa ekspedisi J&T di Jalan Iskandar Pangkalan Bun, saat dipakai ternyata palsu,” keluh MW, Senin 5 April 2021.

BACA JUGA:   PT KTH Peduli Banjir, Bupati Ucapkan Terima Kasih

MW pesan kaca mata itu setelah melihat melalui online, ada iklan promosi bertuliskan ‘Kacamata Ajaib’ dengan berbagai dalih yang menakjubkan.

“Tertulis kaca mata ajaib, bisa langsung menyesuaikan penglihatan si pemakainya, mau ukuran kaca mata (-min) atau (+plus) jarak dekat atau jarak jauh, maka kaca mata ajaib akan menyesuaikan penglihatan si pemakainya,” kata MW.

Namun pada saat paket dibuka di depan staf J&T, dan langsung dipakai oleh MW, ternyata kaca mata jarak pandang dekat sekitar 30 cm bisa melihat jelas tulisan. Tapi saat memandang ke jarak jauh, mulai dari jarak pandang 5 meter, ternyata pandangannya buram alias kurang jelas.

“Padahal dalam slogan iklannya, setelah memakai kaca mata ajaib semua jarak pandang bisa normal, tapi pada kenyataannya tidak benar alias penipuan,” keluh MW yang merasa dirugikan dengan iklan tersebut.

BACA JUGA:   PT. SINP-PBNA Dukung Percepatan Vaksinasi: 1.054 Karyawan dan Keluarganya Serentak Divaksinasi

Uniknya, ketika ditanya ke alamat Queen Store Kuningan (Kuningan Jakarta ataupun Kuningan Jawa Barat) dengan handphone +6281220638725, tidak pernah ada jawaban lagi. Padahal sebelumnya, yang mengaku staf Queen Store beberapa kali menghubungi MW melalui pesan WhatsApp menanyakan alamat jelas dan beberapa pesan lainnya.

Setelah di cek oleh MW, harga kaca mata jarak dekat yang bentuknya tidak sesuai dengan gambar di iklan di emperan pasar Indra Kencana Mendawai Pangkalan Bun, ternyata harganya hanya Rp 25.000. Sementara, pihak Queen Store berikut ongkos kirim membandrol harga Rp 250.200. (Man/beritasampit.co.id).