Pelaksanaan Manajemen Kinerja Pemerintahan Kini Berbeda, Simak Ini Penjelasan Sekda Kalteng

IST/BERITA SAMPIT - Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah Fahrizal Fitri.

PALANGKA RAYA – Manajemen kinerja telah dilaksanakan sejak dulu di pemerintahan, namun ada perbedaan dalam pelaksanaannya saat ini, yaitu adanya unsur ukuran kinerja. Dahulu ukurannya hanya keuangan saja (penyerapan anggaran), sekarang harus jelas, karena ukuran kinerja adalah inti dari manajemen kinerja.

Manajemen kinerja merupakan suatu proses berupa siklus yang meliputi, perencanaan kinerja, monitoring dan penilaian kinerja, serta evaluasi dan pelaporan kinerja.

Tujuan dari perencanaan kinerja adalah untuk memberi kejelasan terhadap target yang ingin dicapai oleh organisasi dan pegawai, dan juga bagaimana mencapainya, serta mendapat komitmen dari pimpinan dan pegawai untuk mencapai kinerja yang diharapkan dan mendapat pemahaman yang sama mengenai kinerja yang dinilai setiap akhir periode penilaian kinerja.

Sedangkan, monitoring dan penilaian yaitu berupa monitoring (bimbingan dan konsultasi) serta nilai kreativitas dan nilai sasaran kerja pegawai, yang memenuhi sejumlah kriteria, diantaranya selaras dengan strategi organisasi/Pemda, validitas, reliabilitas, dan spesifikasi. Untuk evaluasi dan pelaporan, secara keseluruhan akan mempengaruhi kinerja Pemerintah Daerah.

Demikian dijelaskan Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Fahrizal Fitri menghadiri pelatihan Kepemimpinan Administrator Angkatan I dan Angkatan II Provinsi Kalteng Tahun 2021, di Aula BPSDM Provinsi Kalteng, Selasa 6 April 2021.

“Bagian dari laporan kinerja ini adalah salah satu indikator apakah pejabat yang bersangkutan mampu atau tidak, dan termasuk juga dalam mengembangkan inovasi-inovasi selama yang bersangkutan melaksanakan tugas,” pungkas Fahrizal.

Pelatihan ini diikuti sebanyak 75 orang peserta berasal dari provinsi dan kabupaten/kota se-Kalteng selama 91 hari kerja, dimulai pada 23 Maret – 28 Juni 2021 dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. (Hardi/beritasampit.co.id).