Wakil Bupati Kobar Minta Program Fokus Pemulihan Ekonomi

IST/BERITA SAMPIT - Wabup Kobar,saat memimpin Rakordal Triwulan I tahun anggaran 2021

PANGKALAN BUN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar) secara periodic terus melakukan pengendalian pelaksanaan rencana dan evaluasi pembangunan. Hal ini guna menjamin konsistensi terhadap pencapaian target dan untuk mendapatkan umpan balik dalam mengatasi kendala dan permasalahan.

Sebagai bagian pengendalian pengendalian pembangunan, Pemkab Kobar menggelar Rapat Koordinasi dan Pengendalian (Rakordal) Triwulan I tahun anggaran 2021. Kegiatan yang dilaksanakan pada Selasa, 6 April 2021 dipimpin oleh Wakil Bupati dan diikuti oleh seluruh SKPD baik secara langsung dari Aula Bappeda maupun virtual.

BACA JUGA:   Lebih Dekat dengan Ibu Birute Mary Galdikas, 50 Tahun Melindungi Hutan dan Orangutan

Wakil Bupati Ahmadi Riansyah mengatakan kegiatan ini harus dilakukan terus menerus secara periodik guna mengamati perkembangan pelaksanaan rencana pembangunan, mengidentifikasi serta mengantisipasi permasalahan yang timbul atau akan timbul serta mengambil tindakan pencegahan dan antisipasi sedini mungkin.

“Pada kesempatan ini saya ingin menekankan yang penting untuk dicermati saat ini adalah pemulihan ekonomi yang secara nasional mendapat pukulan yang amat berat sepanjang tahun 2020, untuk itu diperlukan percepatan pemulihan ekonomi secara masif, salah satu instrumennya adalah di sektor pertanian dalam arti luas, mencakup sub sektor tanaman pangan, peternakan, perkebunan dan perikanan,” kata Ahmadi.

BACA JUGA:   Lebih Dekat dengan Ibu Birute Mary Galdikas, 50 Tahun Melindungi Hutan dan Orangutan

Ahmadi menambahkan peran sektor pertanian dalam struktur perekonomian merupakan penyumbang terbesar dalam pembentukan PDRB, juga berperan dalam penyerapan tenaga kerja dan perluasan tenaga kerja.

“Maka pengembangan sektor pertanian harus diarahkan kepada sistem agribisnis dan agroindustri, karena akan dapat meningkatkan nilai tambah sektor pertanian. Sedangkan subsektor peternakan, Ahmadi meyakini konsep integrasi sapi potong dengan komoditas sawit masih sangat relevan untuk semakin dikembangkan”,pungkas Wabup Kobar.

(man/beritasampit.co.id).