Banyak Produk UMKM Bakal Jadi Andalah Sukamara Melalui Pendampingan Loka POM Kobar

IST/BERITA SAMPIT - Kepala Kantor Loka POM Kabupaten Kobar Kodon Tariga, foto bersama dengan Bupati Sukamara H. Windu Subagio didamping Kadis Kesehatan Sukamara Ari Junita.

PANGKALAN BUN – Para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Sukamara akan mendapat bantuan pendampingan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dalam hal ini Loka POM Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) melalui program baru, untuk mendapatkan Registrasi Izin Edar (E-Reg).

Program tersebut sudah disampaikan dalam acara audiensi dengan Bupati Sukamara H. Windu Subagio pada Rabu, 7 April 2021 yang dihadiri Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sukamara Ari Junita, dan disambut dengan baik.

“Pada pertemuan Bupati Sukamara sangat berharap agar BPOM dalam hal ini Loka POM di Kabupaten Kotawaringin Barat dapat membantu pendampingan UMKM untuk bisa mendapatkan  Registrasi Izin Edar (E-Reg), sehingga produk-produk tersebut bisa menjadi andalan  Kabupaten Sukamara,” kata Kepala Kantor Loka POM Kabupaten Kobar Kodon Tarigan melalui telepon, Kamis 8 April 2021 malam.

Setelah audensi dengan Bupati Sukamara, Loka POM Kobar langsung menggelar pendampingan terhadap para pelaku UMKM. Sedikitnya ada 6 UKM yang siap mendapatkan E-Reg, yakni UMKM OT Daun Gaharu, UMKM Hidrosol Minyak Sereh Wangi, Agrowisata Sereh Wangi, UMKM Pangan Roti Kering Vicenza dan UMKM Amplang Novi, serta UMKM Amplang Hj. Uluh Anga.

Adapun produk UMKM dimaksud adalah, Minyak Sereh Wangi, Bubuk Daun Gaharu untuk  mendapatkan TR, serta Amplang yang merupakan produk khas dari Kabupaten Sukamara.

“Jadi dalam hal ini jajaran Loka POM Kabupaten Kobar siap melakukan pendampingan sampai dengan nanti diterbitkannya Registrasi Izin Edar (E-Reg). Dan tanggapan dari UMKM sangat antusias dan semangat untuk bisa mendapatkan Registrasi Izin Edar tersebut. Dan atas masukan untuk perbaikan yang diberikan, mereka siap dan akan segera melakukan tindak lanjut perbaikan,” jelas Kodon. (Man/beritasampit.co.id).