Camat Bersama Ketua TP-PKK Pulau Hanaut Anjangsana Ke 3 Desa, Ini Pesannya

PERIKSA KESEHATAN : ARIFIN/BERITA SAMPIT - Camat Bersama Ketua TP-PPK Pulau Hanaut saat memeriksa kesehatan di Posbindu Nusa Indah Desa Bamadu.

SAMPIT – Mengawali tugas sebagai Pelaksana tugas (Plt) Camat bersama Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Pulau Hanaut, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), mengadakan anjangsana di 3 desa yakni, Bamadu, Penyaguan dan Hanaut.

“Tujuan anjangsana dengan beberapa kades, kader-kader PKK dan sekaligus menyapa warga desa karena baru bertugas,” ucap Plt Camat Pulau Hanaut Sufiansyah disela-sela anjangsana, Sabtu 10 April 2021.

Ada beberapa hal menarik ditemui saat anjangsana yakni, bertemu dengan para lansia di Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) Nusa Indah, Desa Bamadu.

Pada kesempatan itu, Plt Camat Pulau Hanaut Sufiansyah mengingatkan terutama kepada para lanjut usai yang hadir di Posbindu. Dia menyampaikan betapa pentingnya menerapkan protokol kesehatan selama pandemi covid-19.

BACA JUGA:   Bupati Kotim Ajak Warga Sukseskan Pendataan Keluarga Tahun 2021

“Jaga jarak, tetap gunakan masker ketika berada di luar rumah dan sering-sering cuci tangan gunakan air mengalir, cuci tangan dengan air lebih efektif karena virus langsung mati,” ucapnya dihadapan yang hadir.

Usai anjangsana di Desa Bamadu, rombongan melanjutkan ke Desa Penyaguan. Di Desa yang dipimpin Kepala Desa Zainal Abidin sedang mengadakan dua acara yang dipusatkan balai desa setempat.

“Ada dua acara ini yakni, pengukuhan tim relawan pemutakhiran data SDGs Desa dan penyerahan buku tabungan BLT-DD,” ujar Kepala Desa Zainal Abidin.

Setelah makan siang bersama, anjangsana dilanjutkan ke Desa Hanaut. Desa tua diantara 14 desa lainnya di Kecamatan Pulau Hanaut itu, Kepala Desa Hanaut Nanang Qosim memaparkan tentang produk unggulan desa salah satunya pengolahan keripik pisang.

BACA JUGA:   Waktu Tetap Berinvestasi, Harga Emas Mulai Naik

Sementara itu, Plt Camat Pulau Hanaut Sufiansyah mengharapkan manfaatkan gadget dengan sebaik-baiknya karena sekarang zaman keterbukaan informasi.

“Melalui gadget para UMKM bisa menjual berbagai produk olahan melalui online, melalui gadget masyarakat juga bisa mengetahui perkembangan desa-desa lainnya entah itu bidang pertanian maupun pemberdayaan masyarakat,” ujar Sufiansyah yang juga menjabat Sekcam Baamang definitif ini.

Hanya waktu yang membatasi anjangsana untuk 3 desa tersebut. Usai Ashar rombongan melanjutkan perjalanan pulang naik kelotok ‘Bapinang Sakti’ menuju penyeberangan antar Kecamatan Pulau Hanaut dengan Mentaya Hilir Selatan.

(ifin/beritasampit.co.id)