Dinas Perikanan Palangka Raya Kembali Tingkatkan Produksi Perikanan UMKM

M.SLH/BERITA SAMPIT - Kepala Dinas Perikanan Kota Palangka Raya, Indriarti Ritadewi.

PALANGKA RAYA – Dinas Perikanan Kota Palangka Raya menggelar Safari Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) di Aula Rumah Jabatan Wali Kota, Minggu 11 April 2021, bekerja sama dengan Anggota Komisi IV DPR RI Bambang Purwanto dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan dalam rangka mencegah stunting dan gizi buruk.

Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan memberikan paket produk perikanan kepada 1000 masyarakat di tiga kecamatan yang berada di Kota Palangka Raya. Sehingga, sangat membantu para pengolah produk perikanan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk bisa lagi memproduksi produk perikanan.

“Karena selama pandemi Covid ini mereka produksinya turun drastis, karena memang tidak ada even-even yang diadakan di Kota Palangka Raya, kemudian tidak ada pameran dalam macam jadi prodak perikanan kita turun drastis,” ujar Kepala Dinas Perikanan Kota Palangka Raya Indriarti Ritadewi.

BACA JUGA:   Pemkot Palangka Raya Siapkan Posko Pengaduan THR

Kata Indriarti, adanya kegiatan safari Gemarikan dengan membeli produk perikanan UMKM, khususnya prodak pengolahan perikanan bergeliat, artinya semangat lagi untuk bekerja kembali karena memang ini sangat tergantung dari hasil penjualan.

“Dengan adanya kegiatan ini Alhamdulillah mereka bersyukur sekali jadi mulai memproduksi kembali adanya bapak Bambang ini untuk tembus ke kementerian, karena memang kegiatan di kementerian itu kan se-Indonesia Raya jadi memang dananya juga terbatas,” ungkapnya.

Dia berharap, kegiatan safari Gemarikan bisa dilaksanakan setiap tahun paling tidak setahun dua kali. “Jadi terasa sekali di dalam Pandemi Covid ini mereka bisa meningkatkan produksi pengolahan perikanan,” kata Indriarti.

BACA JUGA:   Ini Data Penumpang Laut dan Udara di Kalteng

Sementara itu, Anggota DPR RI Komisi IV Bambang Purwanto mengatakan bahwa, pihaknya dari Komisi IV sangat mensuport kegiatan tersebut untuk meningkatkan kepedulian masyarakat agar menggemari hasil-hasil produk UMKM yang ada di Kota Palangka Raya.

“Nah kedepannya kalau UMKM kita berkembang tentu permintaannya banyak, nah ketika permintaan itu banyak masyarakat itukan bisa bertimbal balik lagi, bisa berbudidaya ikan untuk mengatasi stunting dan kita tingkatan kesadaran masyarakat pentingnya konsumsi ikan,” tutur Legislator Partai Demokrat ini.

Tentunya lanjut Bambang, kegiatan tersebut sangat positif dari program kementerian yang kebetulan pihaknya dari Komisi IV DPR RI tarik karena aspirasi dari para anggota Legislatif  untuk langsung turun ke daerah-daerah. (M.Slh/beritasampit.co.id).