Hanafi Minta Vaksinasi COVID-19 Malam Hari saat Ramadan

KAWIT/BERITA SAMPIT - Wakil Ketua Komisi II DPRD Katingan H Hanafi.

KASONGAN – Anggota DPRD Katingan H Hanafi mendukung program vaksinasi COVID-19. Ia berharap kepada seluruh masyarakat Katingan agar bersedia untuk menjalaninya.

“Ini semua untuk memberikan kekebalan tubuh kita dari serangan penyakit, utamanya virus Corona (covid-19), yang saat ini mewabah di bumi Penyang Hinje Simpei ini,” ujar H Hanafi.

Kendati demikian, Politisi PPP ini meminta kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Katingan dalam pelaksanaannya agar tidak pada siang hari.

“Karena, mengingat bulan ini merupakan bulan Ramadan, yaitu bulan umat Muslim melaksanakan ibadah puasa selama satu bulan,” terang legislator berlambang Ka’bah ini.

BACA JUGA:   Bocah 5 Tahun Meninggal Dunia Diduga Akibat Salah Tembak

Meski sebelumnya Majelis Ulama Indonesia (MUI), sudah mengeluarkan fatwa vaksinasi Covid-19 tidak akan membatalkan puasa.

Namun, ia mengingatkan meski tidak membatalkan puasa tetap ada kondisi peserta vaksinasi yang harus diperhatikan sebelum divaksin.

“Agar program pemerintah untuk pemaksinan di Katingan ini tetap jalan, di bulan Ramadan 1442 H ini, sebaiknya dilaksanakan pada malam hari,” harapnya.

BACA JUGA:   Truk Jatuh ke Sungai Saat Menyebarang Gunakan Fery, Korban Diduga Terbawa Arus Sungai

Menurutnya kalau memang program vaksinasi ini harus dilaksanakan pada bulan Ramadan, sebaiknya waktu pemaksinannya diganti pada malam hari.

“Sebab, bagaimanapun juga memasukan benda ke dalam tubuh yang sedang melaksanakan ibadah puasa akan membatalkan puasanya,” tegasnya.

Ia juga berharap kepada MUI Kabupaten Katingan agar ikut juga memberikan solusi terbaiknya, sehingga program pemerintah bisa jalan dan ibadah puasa juga bisa dijalani sebulan penuh.

(Kawit/Beritasampit.co.id)