Gubernur Kalteng Komitmen Dukung Pengembangan Olahraga

IST/BERITA SAMPIT - Gubernur Kalteng Sugianto Sabran dan Hamson Eyger saat foto bersama.

PALANGKA RAYA – Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) berbangga dan apresiasi atas kemenangan yang diraih petinju profesional Hamson Eyger. Sehingga diharapkan lebih banyak pihak berpartisipasi dan mendukung olahraga tinju profesional ini.

Hamson Eyger berhasil meraih Juara Internasional Tinju Profesional WBC. Dia telah mengalahkan petinju profesional Jack Langedi Timor dari HTW Boxing Jakarta Indonesia untuk perebutan peringkat nasional dalam partai tambahan (pertandingan tinju non title versi ATI) pada Event Partai Utama Peringkat WBC yaitu TIBO Indonesia vs TOTO Philippine di Balai Sarbini Jakarta tanggal 14 April 2021.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalteng Falery Tuwan mengungkapkan,  bahwa Gubernur Kalteng Sugianto Sabran telah memberikan bantuan keuangan pribadi secara langsung kepada petinju profesional Hamson Eyger beberapa waktu lalu. Hal ini menunjukkan keseriusan dan komitmen Sugianto mendukung pengembangan olahraga di Kalteng.

Sebagaimana amanat undang-undang nomor 3 tahun 2005 tentang sistem keolahragaan nasional dan peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 33 tahun 2019 tentang pedoman APBD, maka olahraga profesional ini tidak bisa dianggarkan oleh Pemerintah Pusat, Provinsi sampai Kabupaten dan Kota.

“Saat ini UU dan Permendagri tersebut sedang digodok di pusat agar olahraga profesional diperbolehkan mendapat dukungan finansial dari pemerintah. Kita doakan saja,” kata Falery Tuwan, Minggu 18 April 2021 melalui rilis yang diterima.

Dari tahun ke tahun olahraga di Kalteng semakin berkembang pesat, hal tersebut dibuktikan dengan adanya regenerasi dari berbagai macam cabang olahraga yang ada di Kalteng.

Sementara, dukungan Provinsi Kalteng tetap konsisten dengan mengacu pada Perundang-undangan dan ketentuan yang berlaku. Selain pembenahan sarana dan prasarana pendukung juga melakukan pembinaan cabang olahraga prestasi non profesional (amatir) dengan memberikan tugas kepada KONI Kalteng mempersiapkan Kontingen Kalteng pada PON XX Papua Tahun 2021, persiapan mengikuti Pekan Olahraga Pelajar, dan partisipasi Kalteng dalam event nasional. (Hardi/beritasampit.co.id).