Deteksi Dini Covid-19, Polda Kalteng Launching GeNose C19

Hardi/BERITA SAMPIT - Kapolda Kalteng Irjen Pol. Dedi Prasetyo saat uji coba GeNose C19, Senin 19 April 2021.

PALANGKA RAYA – Dalam memudahkan deteksi dini penyebaran Covid-19, Kapolda Kalteng Irjen Pol. Dedi Prasetyo Launching teknologi alat deteksi covid-19 yaitu GeNose C19, di halaman Mako Ditsamapta Polda Kalteng, Senin 19 April 2021.

Dalam sambutannya Kapolda Kalteng Irjen Pol. Dedi Prasetyo mengatakan, pandemi Covid-19 di indonesia merupakan bagian dari pandemi penyakit corona virus disease 2019 (covid-19) yang sedang melanda seluruh dunia.

Namun baru ini telah dikembangkan teknologi alat deteksi covid-19 buatan Universitas Gadjah Mada yaitu GeNose C19 yaitu merupakan alat deteksi covid-19 yang mampu mendeteksi virus dalam waktu yang sangat singkat sekitar 2 sampai 3 menit dengan keakuratan sekitar 97 persen.

BACA JUGA:   Pemkot Palangka Raya Anggarkan Rp26,8 Miliar Tangani Stunting

Dengan pengambilan sampel tes hanya melalui hembusan nafas sehingga lebih nyaman dan mudah. Selain itu alat ini telah mendapatkan izin dari kemenkes yang nantinya akan menjadi solusi yang efektif dan mudah untuk digunakan dalam tracing dan tracking deteksi covid-19.

“Kegiatan launching GeNose C19 ini sebagai bentuk upaya dalam rangka mendukung pemerintah guna percepatan penanganan pandemi covid-19. alat ini akan digunakan sebagai deteksi dini covid-19 bagi anggota polri, ASN dan keluarga, serta juga bisa digunakan untuk melayani masyarakat yang ada di wilayah provinsi kalimantan tengah, yang memerlukan deteksi dini covid-19,” ucapnya.

BACA JUGA:   Empat Petahana Dapil I Berhasil Amankan Kursi DPRD Palangka Raya

Dedi Prasetyo menambahkan bahwa GeNose C19 yang baru dilaunching saat ini akan dilakukan uji coba. Setelah dilakukan uji coba, hasilnya nanti akan dilaporkan ke Gubernur Kalteng Sugianto Sabran.

Selain itu dirinya juga mengatakan bahwa pihaknya selain mendukung surat edaran Gubernur Kalteng, Polda Kalteng juga akan menerapkan untuk penggunaan GeNose C19 khususnya di beberapa Bandara.

(Hardi/Beritasampit.co.id)