Lantik Kepala BPKP Kalteng Baru, Ini Pesan Gubernur

MELANTIK : Hardi/BERITA SAMPIT - Gubernur Kalteng Sugianto Sabran, saat mengukuhkan Kepala Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), yang baru yaitu Bambang Ari Setiono, di Aula Jayang Tingang Kantor Gubernur Kalteng, Senin 19 April 2021.

PALANGKA RAYA – Gubernur Kalteng Sugianto Sabran, mengukuhkan Kepala Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), yang baru yaitu Bambang Ari Setiono menggantikan posisi Setia Pria Husada. Senin 19 April 2021.

Dalam sambutan yang disampaikan oleh Gubernur Kalteng Sugianto Sabran, dirinya menyampaikan amanatnya terkait pergantian Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Tengah.

“Pergantian Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Tengah ini merupakan momentum strategis bagi segenap jajaran BPKP karena disamping sebagai pengembangan karier aparatur, juga merupakan salah satu upaya untuk senantiasa meningkatkan kinerja dan memantapkan koordinasi tugas dengan seluruh instansi di wilayah kerja,” ucapnya.

Apresiasi kami berikan kepada Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Tengah, yang selama ini telah berperan penting dalam membantu meningkatkan kinerja Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota Se-Kalimantan Tengah dalam pengelolaan keuangan daerah, antara lain dalam penyusunan APBD, penyusunan laporan keuangan, penataan aset daerah, serta penyajian laporan lainnya, seperti LKPJ dan LPPD.

BACA JUGA:   Sekretaris Partai Demokrat Kalteng Nyatakan Siap Maju Jadi Calon Walikota

“Demikian pula upaya preventif dan represif telah dilakukan, dalam rangka meningkatkan kualitas laporan keuangan, sebagai wujud tanggungjawab dalam meningkatkan kredibilitas Pemerintah melalui pengelolaan keuangan Negara atau keuangan Daerah secara transparan, akuntabel, dan auditabel,” pungkasnya.

Sugianto berharap di bawah Pimpinan yang baru, diharapkan BPKP Kalimantan Tengah dapat berperan sebagai “auditor sekaligus partner” Pemerintah Provinsi dalam mengawal penyelenggaraan keuangan Negara dan Daerah melalui pemantapan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP).

Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah telah berhasil meraih opini WTP empat kali berturut-turut dan berharap untuk LKPD tahun 2021 tidak boleh turun, maka pendampingan dan masukan dari BPKP sangat diperlukan.

“Saya juga meminta peran optimal dari BPKP dalam mendorong kinerja Pemerintah Kabupaten dan Kota dalam mengelola keuangan dan administrasinya agar seluruh Pemerintah Kabupaten dan Kota di Kalimantan Tengah dapat meraih opini WTP. Harapan yang sama juga saya sampaikan kepada penyelenggara Pemerintah Daerah di Kalimantan Tengah agar meningkatkan kinerja dan akuntabilitas untuk mencapai prestasi bersama. Namun, yang lebih penting dari itu semua adalah memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat dan mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat,” tegasnya.

BACA JUGA:   Muswil BKPRMI Diharapkan Muncul Ide dan Gagasan untuk Peningkatan Kualitas SDM Kalteng 

Untuk itu, kepada semua komponen dan pemangku kepentingan, mari kita terus memantapkan koordinasi dan sinergitas, dimana Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Tengah menjadi yang terdepan dalam mewujudkan kondisi tersebut, sehingga pada akhirnya, dengan optimalisasi fungsi pengawasan, kita akan mampu melaksanakan seluruh program pembangunan sesuai prinsip-prinsip Good Governance, sebagai salah satu syarat terwujudnya Kalimantan Tengah yang semakin BERKAH.

(Hardi/Beritasampit.co.id)