Penyulingan Serai Diharapkan Mampu Hidupkan UMKM

MELIHAT : ENN/BS - Bupati Sukamara Windu Subagio dan Wakil Bupati Sukamara Ahmadi saat melihat proses penyulingan minyak Atsiri.

SUKAMARA – Dalam upaya meningkatkan perekonomian di Kabupaten Sukamara, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan setempat mengolah minyak atsiri dari hasil penyulingan tanaman serai yang dilakukan dilokasi Agro Wisata milik dinas tersebut.

Bupati Sukamara Windu Subagio mengatakan bahwa kedepannya usaha tersebut bisa menjadi usaha bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dalam meningkatkan perekonomian warga.

BACA JUGA:   Empat TPS3R dan Tiga Bank Sampah Kelola Sampah di Sukamara

“Di agro wisata ini sebagian tanah dimanfaatkan untuk menanam serai dan sudah dilakukan penyulingan sehingga menghasilkan minyak atsiri serta produk lainnya seperti hedrosol yakni dengan cara pengolahan secara sederhana,” jelas Windu Subagio, Rabu 21 April 2021.

Harapan Windu Subagio adalah usaha penyulingan minyak Atsiri tersebut bisa dikerjakan oleh UMKM atau dengan skala rumah tangga yang dapat menjadi usaha bagi masyarakat di Kabupaten Sukamara.

BACA JUGA:   25 Putra-Putri Sukamara Berkeselamatan Kuliah di 21 PTN Seluruh Indonesia Melalui Program BIE-D

“Untuk upaya ini pemerintah daerah siap membantu dalam pemasaran hasil produk minyak atsiri dan hasil olahan lainnya,” terang Windu Subagio.

“Semoga ini dapat terus dikembangkan sehingga bermanfaat bagi pelaku UMKM dan usaha masyarakat skala mikro dalam meningkatkan perekonomian warga di Sukamara,” tukas Windu Subagio.

(enn/beritasampit.co.id)