Wakil Bupati Kotim Optimis Desa Kandan Bisa Jadi Pusat Penghasil Buah Naga

IST/BERITA SAMPIT - Wakil Bupati Kotim, Irawati, saat mengunjungi perkebunan buah naga di Desa Kandan Kecamatan Kota Besi, beberapa waktu lalu.

SAMPIT- Wakil Bupati Kotawaringin Timur (Kotim), Irawati menginginkan produksi buah naga di Desa Kandan, Kecamatan Kota Besi lebih ditingkatkan, dengan tujuan desa tersebut mampu menjadi pusat penghasil buah naga.

“Setelah melihat langsung kebun warga di Desa Kandan, saya yakin ke depannya di wilayah ini mampu menjadi pusat penghasil buah naga di Kotim ini,” kata Irawati usai meninjau langsung kebun buah naga di Desa Kandan, Rabu 21 April 2021.

Dalam kunjungan beberapa waktu lalu, Irawati juga mendengarkan langsung aspirasi petani setempat, dan dirinya meyakinkan siap turut membantu pemasaran buah naga itu.

“Kalau bisa, buah naga produksi di Desa Kandan ini kita pasarkan bukan hanya di Kotim tapi sampai ke luar daerah. Saya sangat mendorong petani untuk terus meningkatkan produksi. Apabila ada kendala, silakan berkoordinasi dengan penyuluh pertanian atau ke instansi terkait,” papar Irawati.

Ia juga mengatakan, rasa buah naga yang dihasilkan petani di Desa Kandan sangat nikmat dan segar. Bahkan, di musim panen stoknya bisa melimpah.

“Rumah makan dan pedagang buah di Sampit ternyata mengambil buah naga di sini. Berarti pangsa pasarnya jelas. Tinggal cari cara pemasaran ke luar daerah lebih maksimal. Otomatis kalau ini berjalan, penghasilan petani buah naga lebih meningkat dan akan membantu ke kesejahteraan masyarakat di Desa Kandan ini,”tandasnya

(Cha/beritasampit.co.id)