Memaknai Hari Kartini di Tengah Pendemi, Ini Kata Anggota DPRD Lamandau

IST/BERITA SAMPIT : Anggota DPRD Lamandau, Wakil Ketua II Vatrean Esaie

NANGA BULIK – Memaknai momentum peringatan Hari Kartini, 21 April 2021 ini, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lamandau, Wakil Ketua II, Vatrean Esaie menyampaikan sejumlah harapan, terutama terhadap peranan wanita di dalam setiap sendi kehidupan.

“Kartini masa kini untuk memeranginya kita harus dengan karya kreatif dan inovatif, dan tidak dipungkiri juga adanya keterwakilan perempuan dalam lembaga legislatif ini, bisa dapat berperan aktif dan memberikan kontribusi yang positif dengan instansi terkait untuk memberikan edukasi dan perlindungan terhadap Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) permpuan dan anak yang cukup tinggi di Kabupaten Lamandau ini,” jelasnya.

BACA JUGA:   Gugatan Warga Soal Kawasan Hutan Kepada PT MML Tidak Sah, Penggugat Dihukum

Politis Gerinda ini berharap kiranya perempuan masa kini dalam kesetaraan, tetap jangan sampai melupakan kodratnya, khususnya perannya sebagai seorang ibu di keluarga.

“Menjadi Ibu rumah tangga, tentunya seorang ibu memiliki peran besar dalam pembentukan karakter anak, yang nantinya sebagai penerus masa depan bangsa. Menjadi anak yang cerdas dan pintar harus diikuti dengan attitude yang baik, dan nanti akan menghasilkan kepribadian yang baik juga,” ucapnya.

Menurut Esaie di tengah kesibukan apapun itu, seorang ibu diharapkan bisa meluangkan waktu dalam membimbing anak-anak, karena merupakan sosok yang sangat penting dalam rumah tangga.

“Karena itu merupakan salah satu peran perempuan yang perlu diseimbangkan dalam aktivitas sehari-hari,” katanya, Rabu 22 April 2021.

BACA JUGA:   Lebaran Sebentar Lagi, Bupati Lamandau: Dilarang Mudik

Lalu, lanjut Wakil Ketua Komisi II DPRD Lamandau ini berharap perempuan saat ini juga memiliki keterampilan maupun kompetensi yang bisa bermanfaat membantu menopang ekonomi keluarga juga menunjang pendidikan hingga berkontribusi pada pembangunan daerah.

“Terlebih di masa pandemi covid-19 ini, peranan perempuan bisa terus memberikan edukasi kepada anak, mengingat saat ini program pembelajaran selama pandemi Covid-19, namun lebih dari itu perempuan juga dapat terjun sebagai aktor strategis dalam pembangunan. Misalnya, dalam bidang politik, pemerintahan, sosial dan ekonomi,” Pungkasnya.

(Andre/beritasampit.co.id)