Gunung Sinabung Luncurkan Awan Panas, Teramati Dari Jarak 1.000 meter

Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, erupsi dan meluncurkan awan panas.//Ist_Antara/HO.

MEDAN – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karo menyatakan, Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, meluncurkan awan panas yang teramati pada jarak 1.000 meter, pada Minggu 25 April 2021, sekitar pukul 12.00 WIB.

Pelaksana tugas Kepala BPBD Kabupaten Karo, Natanail Perangin-angin, ketika dihubungi, menjelaskan, Gunung Sinabung berada pada ketinggian 2.460 meter di atas permukaan laut (mdpl) ini pada kondisi cuaca cerah dan berawan.

BACA JUGA:   Polisi Jaring Sejumlah Kendaraan Diduga Terlibat Balap Liar di Sampit

“Gunung Sinabung jelas kelihatan berkabut. Asap kawah bertekanan lemah teramati berwarna putih dengan intensitas tebal dan tinggi 50-300 meter di atas puncak kawah,” katanya. Dilansir Antara.

Ditambahkan, bahwa angin pada saat itu bertiup lemah ke arah timur dan tenggara, sedangkan suhu udara antara 18-28 derajat Celcius.

“Jumlah guguran 31 kali, dengan amplitudo maksimum 3-120 mm dan durasi 18-135 detik,” ujarnya.

Saat ini Gunung Sinabung berada pada status Level III (Siaga). Direkomendasikan untuk warga dan petani agar tidak melakukan aktivitas di desa-desa yang warganya sudah dipindahkan serta di lokasi dalam radius tiga kilometer dari puncak gunung.

BACA JUGA:   Diduga Ikut Bali, Puluhan Motor di Sampit Terjaring patroli Gabungan

Selain itu, radius sektoralnya pada lima kilometer untuk sektor selatan-timur dan empat kilometer di sektor timur-utara.

“Jika terjadi hujan abu, masyarakat diimbau memakai masker saat keluar rumah untuk mengurangi dampaknya terhadap kesehatan warga,” kata Perangin-angin.

(BS-65/beritasampit.co.id)