Puting Beliung Rusak 20 Rumah di Aceh Timur

Warga memperbaiki atap rumah yang rusak karena diterjang puting beliung di Peureulak, Kabupaten Aceh Timur, Provinsi Aceh, Minggu 25 April 2021.//Ist_Antara/Hayaturrahmah.

BANDA ACEH – Sedikitnya 20 rumah warga rusak akibat diterjang angin puting beliung di Kecamatan Peureulak, Kabupaten Aceh Timur.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Timur,Ashadi, mengatakan, Angin puting beliung menerjang sebagian wilayah Kecamatan Peureulak itu terjadi pada Sabtu 24 April 2021, sekitar pukul 20.00 WIB.

“Kami masih mendata rumah yang rusak akibat angin puting beliung. Hingga kini yang terdata sudah 20 rumah,” katanya, Minggu 25 April 2021. Dilansir dari Antara.

Ashadi memerinci, puting beliung menyebabkan 16 rumah rusak ringan, tiga rumah rusak sedang, dan satu rumah rusak berat. Rumah-rumah itu umumnya mengalami kerusakan pada bagian atap.

BACA JUGA:   Puluhan Sepeda Motor Dijaring Polisi sejak awal Ramadan

Warga yang rumahnya rusak akibat puting beling sebagian mengungsi ke rumah saudara atau tetangga. Dinas Sosial sudah menyalurkan bantuan kepada mereka.

“Selain rumah, juga ada satu unit ruang belajar balai pengajian yang mengalami kerusakan akibat angin puting beliung tersebut,” kata Ashadi.

“Ruang belajar balai pengajian yang rusak berada di Kompleks Dayah Darul Munawwarah di Desa Seuneubok Aceh. Kerusakan berupa atap, plafon, dan alat pengeras suara,” imbuhnya.

BACA JUGA:   SPBU Km 8 Tjilik Riwut Sampit Sudah Jalankan Tugas Sesuai SOP Penyaluran BBM Subsidi

Ia mengatakan, bencana alam tersebut tidak sampai menimbulkan korban jiwa.

“Kami mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dan meningkatkan kesiapsiagaan mengantisipasi berbagai kemungkinan menyusul cuaca buruk melanda pantai timur Provinsi Aceh dalam beberapa hari terakhir,” kata Ashadi.

(BS-65/beritasampit.co.id)