Dewan Minta Patuhi Larangan Mudik Demi Keselamatan Bersama

PURUK CAHU – Masyarakat harus kembali bersabar untuk merayakan lebaran tahun 2021 ini, pasalnya Pemerintah akan menerapkan kebijakan pelarangan mudik demi kebaikan bersama mencegah penularan Covid-19.

Ketua Komisi I DPRD Murung Raya (Mura), Rumiadi mengatakan, mudik sudah menjadi kebiasaan dan budaya sebagian masyarakat, bukan merupakan bagian dari ajaran agama atau ibadah. Oleh karena itu, menurutnya, kebiasaan dan budaya tentu harus dipandang dari kacamata manfaat dan mudarat.

“Kalau tidak pandemi tentu saja mudik bermanfaat untuk menjaga silaturahmi. Tetapi karena pandemi belum berakhir, mudik dinilai banyak mudaratnya bagi yang mudik dan keluarga yang dikunjungi di kampung halaman,” kata Rumiadi, Senin 26 April 2021.

BACA JUGA:   Doni Siap Bertarung di Pilkada Murung Raya 

Politikus PDIP ini menilai pelarangan mudik harus dilengkapi dengan penjelasan manfaat dan mudarat, jika mudik saat pandemi. Seluruh jajaran Pemerintah tentu harus satu visi dalam menegakkan aturan larangan mudik, sekaligus menjadi contoh dan teladan di masyarakat.

“Penetapan kebijakan inipun membutuhkan peran seperti tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan media masa, untuk mengambil peran dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat agar tidak mudik demi kesehatan dan keselamatan semua,” jelasnya lagi.

BACA JUGA:   Doni Siap Bertarung di Pilkada Murung Raya 

Dia menambahkan, larangan mudik ini tentu harus disikapi secara positif, karena status pandemi belum berakhir sehingga upaya menekan penularan Covid-19 harus tetap digalakkan seiring proses vaksinasi yang terus dilakukan oleh Pemerintah. (Lulus/beritasampit.co.id).