Ratusan Personel Polda Kalteng Latihan Penggunaan Alat Pemadam Kebakaran

Tim Siaga Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Polda Kalimantan Tengah, melaksanakan latihan dalam mengoperasikan sejumlah alat pemadam kebakaran yang dimiliki untuk mengantisipasi karhutla di Palangka Raya, Selasa 27 April 2021.//Ist_ Humas Polda Kalteng.

PALANGKA RAYA – Sedikitnya 151 personel Tim Siaga Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Polda Kalimantan Tengah (Kalteng) yang baru dibentuk, melaksanakan latihan penggunaan alat pemadam kebakaran (damkar) yang mereka miliki.

“Latihan yang dilaksanakan tim gabungan tersebut agar personel siap dan mahir dalam mengoperasionalkan peralatan damkar yang sudah disiapkan,” kata Kapolda Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo, melalui Kabid Humas Kombes Pol Kismanto Eko Saputro di Palangka Raya, Selasa 27 April 2021. Dilansir dari Antara.

Diharapkan dengan terbentuknya Tim Siaga Karhutla tersebut bencana kabut asap tidak terjadi lagi di Bumi Tambun Bungai. Untuk itu, jajaran Polda Kalteng terus berusaha melakukan pencegahan dan antisipasi terjadinya karhutla, agar bebas dari bencana yang dapat mengakibatkan kabut asap tersebut.

BACA JUGA:   Polisi Berhasil Ciduk Pria Diduga Pengedar Sabu-Sabu

“Pada kesempatan ini, kami juga mengimbau masyarakat agar jangan membakar hutan atau lahan karena dampaknya akan mengakibatkan bencana kabut asap,” katanya.

Ditambahkan Eko, latihan gabungan yang dipusatkan di Polsek Jekan Raya yang tergabung sebagai Tim Siaga Karhutla itu, bahu membahu bekerja dalam memadamkan karhutla.
Masing-masing personel gabungan dari Satuan Kerja di Mapolda Kalteng, menggunakan sarana prasarana yang dimiliki seperti kendaraan water canon, mobil pemburu karhutla dan lainnya.

BACA JUGA:   Jokowi Minta Daerah Kembangkan Sentra Pertanian Berorientasi Ekspor

“Semoga saja dengan latihan tersebut, semua personel lancar dalam mengoperasikan peralatan damkar, sehingga ketika ada kejadian karhutla semuanya dapat teratasi dengan baik,” terangnya.

Diketahui dalam beberapa hari yang lalu di Palangka Raya terjadi karhutla di beberapa titik. Beruntungnya tim gabungan dari Polda Kalteng, jajaran Polresta dan Pemerintah Kota Palangka Raya berhasil melakukan pemadaman, sehingga kobaran api tidak menjalar ke lahan lainnya.

(BS-65/beritasampit.co.id)