Begini Langkah Pemkab Kobar Antisipasi Kenaikan Harga Bahan Pokok Jelang Lebaran

IST/BERITA SAMPIT - Hj. Nurhidayah Bupati Kotawaringin Barat.

PANGKALAN BUN – Pemerintah Kabupaten Kotawaringin (Kobar) kini tengah berupaya melakukan langkah antisipasi adanya dugaan kenaikan harga barang kebutuhan pokok penting menjelang lebaran tahun 2021 ini.

Dalam beberapa hari kedepan masyarakat Kobar akan menghadapi hari raya idul fitri 1442 Hijriah, menurut Bupati Kobar Hj. Nurhidayah hal itu diperkirakan bakal menciptakan kenaikan permintaan dan harga bahan pokok penting.

“Untuk itu, kita perlu mengantisipasi kondisi tersebut sejak jauh-jauh hari agar masyarakat dapat menjalankan ibadah puasa dan lebaran dengan tenang, tanpa terbebani naiknya harga pangan atau kelangkaan barang,” katanya.

Langkah antisipasi tersebut dilakukan Pemerintah Kabupaten Kobar dengan menggelar Rapat Koordinasi tentang barang kebutuhan pokok menjelang lebaran di Kobar, pada Jumat 30 April 2021.

Kata Nurhidayah, ini merupakan langkah Pemerintah mengidentifikasi kesiapan lembaga terkait, Pemerintah Daerah dan pelaku usaha dalam menjaga stabilitas harga bahan pokok menjelang lebaran.

Setelah itu, selanjutnya akan dilaksanakan rapat koordinasi dan pemantauan langsung ke pasar rakyat, ritel modern, gudang Bulog, dan distributor-distributor.

Nurhidayah menekankan agar pasokan dan harga bahan pokok tetap terkendali seperti tahun-tahun sebelumnya, diperlukan langkah sinergi dan upaya pemerintah beserta pelaku usaha pangan.

“Pemerintah menyadari antisipasi dampak penyebaran virus Covid-19 ini merupakan tanggung jawab kita bersama yang memerlukan sinergi dan kerja sama dari berbagai pihak, baik Pemerintah, pelaku usaha terkait bapok (bahan pokok) maupun masyarakat,” jelas Nurhidayah.

Untuk itu, pemerintah mengajak masyarakat tetap tenang, tidak perlu belanja berlebihan dan selalu menjaga kesehatan. (Man/beritasampit.co.id).