DEWAN : Bantu Masyarakat Kembangkan Usaha Bidang Perkebunan

FOTO :IM/BERITASAMPIT - Sekretaris Komisi II DPRD Kotim, Juliansyah T.

SAMPIT ­ – Sekretaris Komisi II DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur  (Kotim), Juliansyah meminta pemerintah setempat untuk membantu masyarakat guna unyuk mengembangkan usaha di bidang perkebunan kelapa sawit rakyat,  karena potensinya cukup besar untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Pemerintah daerah diharapkan membantu misalnya dengan memberikan bibit dan pupuk. Kalau didukung pemerintah, petani akan semakin bersemangat untuk mengembangkan perkebunan kelapa sawit rakyat,” kata Sekretaris Komisi II DPRD Kotawaringin Timur Juliansyah di Sampit, Jum’at 30 April 2021 saat ditemui diruang kerjanya.

Saat ini semakin banyak warga yang memanfaatkan lahan mereka untuk ditanami kelapa sawit. Hal tersebut tidak terlepas dari hasil dari komoditas ekspor ini cukup menguntungkan, karenanya  pemerintah daerah sebaiknya membantu masyarakat dalam mengembangkan usahanya dibidang perkebunan.

“Sampai saat ini potensi bidang perkebunan kelapa   sawit masih cukup besar. Permintaan cukup tinggi, apalagi minyak kelapa sawit kini  menjadi kebutuhan penting pasar dunia sehingga permintaan diperkirakan akan terus meningkat,” ungkapnya.

Maka dari itu petani tidak perlu khawatir untuk memasarkannya, karena pasarnya masih terbuka lebar. Kelapa sawit masih bisa diandalkan menjadi sumber penghasilan masyarakat.

Legislator partai pimpinan Prabowo Subianto itu menyarankan pemerintah agar menggerakkan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) untuk ikut menggali potensi di bidang ini. BUMD bisa saja membangun pabrik maupun peluang lainnya sehingga menghasilkan pendapatan bagi daerah.

(im/beritasampit.co.id).