Dinas PUPR Barito Utara Perbaiki Jalan Menuju Desa Sentra Pertanian

Dinas PUPR Barito Utara melakukan penanganan perbaikan jalan menuju Trinsing terhadap jalan penghubung dari Muara Teweh menuju ibu kota Kecamatan Teweh Selatan, Sabtu 1 M 2021.//IST_Antara/dok.Dinas PUPR Barito Utara.

MUARA TEWEH – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Barito Utara (Barut), Kalimantan Tengah (Kalteng), melakukan perbaikan jalan yang rusak menuju Desa Trinsing Kecamatan Teweh Selatan.

Jalan tersebut merupakan akses menuju sejumlah desa sentra pertanian padi dan lainnya yang menghubungkan akses menuju Muara Teweh ibu kota kabupaten setempat.

“Penanganan jalan tersebut sebagai tindaklanjut instruksi Bupati Barito Utara Nadalsyah dalam pemeliharaan dan perawatan beberapa titik rawan kerusakan infrastruktur,” kata Kepala Dinas PUPR Barut, Muhammad Iman Topik, Sabtu 1 Mei 2021.

Menurut dia, perbaikan jalan ini untuk penanganan kedaruratan agar masyarakat dapat berakses terutama dalam mendukung kelancaran distribusi perekonomian terutama hasil pertanian.

BACA JUGA:   Permas Palangka Raya Adakan Kegiatan Silahturahmi dan Buka Bersama

Pembenahan tersebut diharapkan dapat memperlancar jalan dari dan menuju ibu kota Kecamatan Teweh Selatan maupun beberapa desa di sekitar Trahean, Trinsing, Bintang Ninggi.

Perbaikan ruas jalan dilakukan dengan menggunakan alat berat graeder dari UPT Alkal yang dimulai dari sejak gerbang masuk Jalan Trahean menuju STA Simpang tiga Trinsing.

“Penanganan ini dilakukan dalam rangka mengatasi adanya beberapa spot jalan yang mengalami kerusakan karena kupasan aspal, lubang dan kondisi jalan yang rusak,” katanya didampingi Kabid Bina Marga Dedi.

Penanganan itu dilakukan dengan mengikis kiri kanan bahu jalan dan penimbunan lubang melalui penggunaan agregat. Diharapkan kondisi Jalan Trahean dapat lebih layak dan nyaman untuk dilintasi.

BACA JUGA:   DPMPTSP Melaksanakan Program Rutin Ramadan Berbagi

Dilansir dari Antara, pada kesempatan terpisah, Bupati Barito Utara, H Nadalsyah, mengapresiasi dengan penanganan yang dilakukan oleh Dinas PUPR setempat dalam memaksimalkan sektor infrastruktur berupa jalan untuk selalu terawat dan terpelihara dengan baik.

Nadalsyah juga tiada hentinya mengimbau kepada aparat Pemerintah Kecamatan Teweh Selatan, Pemerintah Desa dan masyarakat aparatur di kecamatan lainnya, untuk secara bersama-sama menjaga dan memelihara serta merawat berbagai fasilitas publik yang telah dibangun.

“Agar keberadaan fasilitas tersebut dapat maksimal dimanfaatkan untuk mendukung akses kegiatan pemerintahan dan kemasyarakatan dan membawa hasil pertanian di sekitar wilayah Kecamatan Teweh Selatan,” kata Nadalsyah.

(BS-65/beritasampit.co.id)