Momen Hari Buruh, Teras Narang Dorong Pemuda Lakukan Perubahan Berbudaya Kerja Keras

IST/BERITA SAMPIT - Senator Provinsi Kalteng Agustin Teras Narang berdiskusi secara live di Instagram bersama pengurus BEM UPR dan BEM Fisip UPR.

PALANGKA RAYA – Memperingati hari Buruh pada tanggal 1 Mei, Senator Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Agustin Teras Narang berdiskusi secara live di Instagram Pribadinya dengan pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Palangka Raya (BEM UPR) dan BEM Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UPR, Sabtu 1 Mei  2021

Dikatakannya bahwa, melalui forum diskusi dengan rekan-rekan mahasiswa mudahan bisa memberi sedikit gambaran serta ide pada kaum muda. Secara garis besar poin yang disampaikan adalah pentingnya memahami dinamika revolusi industri 4.0 yang membuat dunia saat ini semakin terkoneksi dan bahkan tanpa batas lewat teknologi.

Kemudian lanjut dia bahwa, peluang bonus demografi yang mesti dimanfaatkan dengan baik oleh generasi muda dengan terus mengembangkan diri dan selanjutnya, kondisi pandemi Covid-19 yang datang tanpa diduga pada beberapa negara seperti India, bahkan kini terkena gelombang kedua yang menyita perhatian dunia.

Mengingatkan, beragam ketidakpastian yang ada di dunia saat ini, termasuk shifting yang begitu cepat terjadi sebagai dampak dari disrupsi dan juga peluang yang hadir pula dengan rencana pindahnya Ibu Kota Negara ke Pulau Kalimantan yang akan mendorong terciptanya ruang kerja bagi generasi muda.

Hal ini didukung dengan hadirnya pula Undang-Undang Cipta Kerja yang diharapkan membawa terbukanya lapangan kerja yang lebih luas serta kemudahan bagi pelaku UMKM dan Koperasi. Tentu diharapkan mempermudah sekaligus membangun hubungan yang adil dan berkemanfaatan antara pelaku usaha dan para tenaga kerja.

Teras Narang mengungkapkan, polemik soal Undang-Undang Cipta Kerja sudah saatnya dihentikan dan dialihkan pada bagaimana implementasinya, benar-benar sesuai dengan yang diharapkan. Apakah benar UU Cipta Kerja berpihak pada tenaga kerja atau sebaliknya?.

“Ini peta tantangan dan peluang bagi generasi muda Kalteng. Melalui analisa SWOT atau kekuatan strengths, kelemahan weaknesses, peluang opportunities dan ancaman threats, diharapkan kita mencermati, mempelajari dan memahaminya dengan baik,” tutur Teras Narang.

“Saya berharap dengan kekayaan alam Kalteng yang luar biasa, kita tahu kekuatan kita. Terlebih dengan hadirnya berbagai agenda strategis nasional di Kalteng, termasuk Food Estate yang diharapkan berkelanjutan,” lanjutnya.

Semua ini kata dia, kiranya membuat generasi muda saat ini menjadi lebih cepat melakukan shifting atau perubahan. Melakukan perubahan, bukan lagi berupa reformasi tapi revolusi. Mengubah secara cepat kebiasaan yang suka duduk-duduk, ngopi dan merokok santai tanpa produktivitas. Mulai membangun dan mampu menantang untuk memiliki budaya kerja keras.

“Sehingga dengan demikian, generasi muda Kalteng akan jadi bagian tenaga kerja yang bermutu dan sejahtera. Selamat Hari Buruh 2021. Selamat membangun kebersamaan untuk kemajuan daerah, berjuang untuk kemajuan Indonesia,” katanya. (M.Slh/beritasampit.co.id).