Begini Pesan Sekjen Pemuda Pancasila Pusat Untuk PLT Pimpinan Wilayah Kalteng

AUL/BERITA SAMPIT - Sekjen MPN Pusat Arif Rahman (kedua dari kiri).

PALANGKA RAYA – Organisasi masyarakat Pemuda Pancasila menggelar Rapat pleno Majelis Pimpinan Wilayah Kalimantan Tengah sekaligus melaksanakan acara berbuka puasa bersama. Kegiatan ini dilaksanakan di Ballroom Hotel Aquarius jalan Imam Bonjol, Kota Palangka Raya, Sabtu 01 Mei 2021.

Dalam rapat pleno Majelis Pimpinan Wilayah Pemuda Pancasila tersebut terjadi pergantian Ketua Umum Pimpinan Wilayah Kalteng dari Rahmadi G Lentam ke Pelaksana Tugas (Plt) yang baru yaitu Muhammad Syauqie.

Menurut Sekjen Pemuda Pancasila Arif Rahman, pergantian pemimpin wilayah ini adalah hal yang lumrah dan biasa dalam sebuah organisasi. Ini merupakan salah satu langkah dalam konsolidasi Pemuda Pancasila karena di tahun 2022 Pemuda Pancasila akan melakukan musyawarah wilayah serentak di seluruh Indonesia.

“Ini rapat kami di Majelis Pimpinan Nasional mengevaluasi tidak hanya Kalteng saja tetapi ada beberapa kurang lebih 6-7 provinsi di Indonesia juga akan kita Plt-kan,” katanya.

Lebih lanjut dijelaskan Arif, bahwa Pemuda Pancasila melakukan konsolidasi karena disaat masih mewabahnya Covid-19 masyarakat butuh penguatan di wilayah ekonomi kedepannya.

“Saya berharap Plt yang baru mampu mengkonsolidasi dan mengkapitalisasi kekuatan PP agar bisa kedepannya menggerakan sektor ekonomi untuk membantu masyarakat seperti membentuk sebuah koperasi yang bertujuan untuk dapat mensejahterakan anggotanya,” jelasnya.

BACA JUGA:   Rapat Koordinasi TORA, Nuryakin Berharap Ada Rumusan Menata Kembali

Kata Arif, pergantian ketua dari Rahmadi G Lentam ke Muhammad Syauqie tidak ada sifatnya diluar konsolidasi atau unsur politik sama sekali, tetapi murni supaya dapat mengembangkan potensi SDM dan sumber daya ekonomi di Provinsi Kalteng.

“Tugas Plt merapikan konsolidasi tingkat Majelis Pimpinan Cabang sampai selesai kalau ada yang belum musyawarah cabang maka harus dilaksanakan dan kita akan terus melakukan evaluasi bila Plt yang baru tidak bisa mengerjakan, maka akan kita ganti juga,” ujarnya.

Sehingga penggantian pimpinan wilayah Pemuda Pancasila Kalteng ini, supaya organisasi tetap berjalan. Tugas Plt yang baru mempersiapkan bagaimana musyawarah wilayah tahun 2022 konsolidasi dari tingkat MPW, MPC maupun anak cabang sampai ranting bisa mengejar target karena hasil musyawarah besar ke 10 Pemuda Pancasila di Jakarta menargetkan 10 juta kader seluruh Indonesia.

Sebagai Sekjen, Arif berharap konsolidasi di Kalteng ini dapat berjalan efektif melihat potensi yang ada, baik sumber daya manusianya maupun sumber daya alam karena kedepannya sudah disepakati bahwa ada tiga pilar ekonomi yang akan dibangun, yang pertama dari sisi IT, yang kedua Pergudangan, dan yang ketiga Agrobisnis,

BACA JUGA:   Budpar Kalteng Gelar Sosialisasi Anugrah Kebudayaan Indonesia

Salah satu kekuatan di Kalteng adalah bagaimana membangun kekuatan agrobisnis, supaya kedepannya terjadi swasembada pangan selaras dengan program pemerintah, seperti membangun food estate dimana-mana, ini bisa direspon secara positif oleh pemerintah di Kalteng supaya bisa menjadi lumbung seperti padi dan banyak lagi hortikultura yang lain, apalagi Gubernur punya target untuk mengembangkan agribisnis dan hortikultura.

“Jadi harapan saya kemandirian dari sisi SDA ini bisa dikembangkan oleh kader-kader yang ada di Kalteng, jangan sampai masyarakat Kalteng menjadi tamu di rumah sendiri, dan ini harus mengembalikan karena bagaimanapun marwah PP mengedepankan nilai-nilai Pancasila, terutama kesejahteraan dan pengembangan ekonomi supaya keadilan itu bisa terjadi di Kalteng dan Kalteng bisa menjadi contoh yang baik untuk MPW-MPW PP di beberapa Daerah,” pungkasnya. (Aul/beritasampit.co.id).