Hardiknas di Tengah Pandemi, Disdik Kalteng : Tetap Semangat Belajar

SAMBUTAN : IST/BERITA SAMPIT - Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalteng Ahmad Syaifudi, saat membacakan sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim

PALANGKA RAYA – Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah menggelar Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2021, Tahun ini, merupakan Kedua kalinya Hardiknas diperingati di tengah suasana pandemi Covid-19. Senin 3 Mei 2021.

Dalam kesempatan itu Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalteng Ahmad Syaifudi selaku Inspektur Upacara membacakan sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim.

“Masa pandemi saat ini tidaklah mudah bagi para pendidik, pelajar, orang tua, untuk menjalani aktivitas di tengah wabah yang masih melanda dunia. Masa-masa ini tidaklah mudah bagi para pendidik, pelajar, orang tua, serta kita semua yang menjalani aktivitas di tengah wabah yang masih melanda dunia,” ucapnya.

Ahmad Syaifudi menambahkan, peringatan Hardiknas adalah sebuah momen yang tepat bagi semua untuk merefleksikan kembali, apa saja yang sudah dikerjakan dengan baik dan apa saja yang perlu diperbaiki. Lembaran baru pendidikan Indonesia berarti transformasi, yang tetap bersandar pada sejarah bangsa, dan juga keberanian menciptakan sejarah baru yang gemilang.

BACA JUGA:   SDN 1 Ketapang Raih Juara Pertama Turnamen Mini Soccer

Ahmad Syaifudi menjelaskan, ada empat upaya perbaikan terus Kementerian Pendidikan kerjakan bersama berbagai elemen masyarakat. Pertama, perbaikan pada infrastruktur dan teknologi. Kedua, perbaikan kebijakan, prosedur, dan pendanaan, serta pemberian otonomi lebih bagi satuan pendidikan. Ketiga, perbaikan kepemimpinan, masyarakat, dan budaya. Keempat, perbaikan kurikulum, pedagogi, dan asesmen.

Ahmad Syaifudi juga mengutarakan bahwa krisis pandemi ini adalah ladang optimisme yang menunggu untuk dipanen. Krisis adalah kesempatan bagi semua untuk menııai kemajuan. Saat ini ada sebagian yang sudah menerapkan pembelajaran tatap muka secara terbatas, ada juga yang tengah bersiap.

BACA JUGA:   Silaturahmi Keluarga Besar Disdik Kotim Digelar Memperkuat Tali Persaudaraan

“Kita perlu memahami bahwa pandemi bukanlah satu-satunya tantangan yang kita hadapi. Di depan, masih membentang sederet tantangan yang akan dan harus kita lalui bersama,” pungkasnya.

Pada kesempatan tersebut, Ahmad Syaifudi mengajak semua untuk melalui segala tantangan dengan inovasi dan solusi.

“Mari kita ciptakan sejarah yang gemilang dan tak terbantahkan oleh dunia,” tandasnya.

Selain itu, Ahmad Syaifudi mengatakan, Peringatan Hardiknas Tahun 2021 yang hadir di dalam Bulan Ramadhan menjadi momentum yang tepat bagi dunia pendidikan menggelorakan semangat kepedulian dan kebersamaan.

Oleh sebab itu, Dinas Pendidikan Provinsi Kalteng menginstruksikan kepada seluruh SMA/SMK/SLB se-Kalteng dengan semangat Hardiknas dan Ramadan agar saling berbagi kepada sesama, terutama mereka yang berjuang bagi pendidikan.

(Hardi/Beritasampit.co.id)