Pangkas Birokrasi, Kobar Terapkan SP2D Secara Online

Man/BERITA SAMPIT : Bupati Kobar Hj Nurhidayah didampingi Kepala BPKP Provinsi Kalteng, Direktur Operasional PT. BPD Kalteng saat menandatangani kerjasama.

PANGKALAN BUN – Bupati Kotawaringin Barat (Kobar) Hj Nurhidayah mengatakan penerapan SP2D secara online diharapkan akan memangkas waktu, lebih efektif dan efisien dalam memperlancar proses pencairan SP2D dari rekening kas daerah kepada rekening tujuan baik SKPD maupun pihak ketiga dengan konsep real time online.

Hal tersebut disampaikan Bupati, usai acara penandatanganan kerjasama kesepakatan bersama dengan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) provinsi Kalteng dan PT. Bank Pembangunan Daerah (BPD) Kalteng, digelar di Aula Bupati Senin, 3 Mei 2021.

Penandatanganan nota kerjasama tersebut, terkait pengembangan dan penggunaan koneksi antara rekening kas umum daerah dengan aplikasi Simda Keuangan dalam rangka optimalisasi pengelolaan keuangan Pemkab Kobar, dihadiri Kepala BPKP Provinsi Kalteng, Direktur Operasional PT. BPD Kalteng serta beberapa kepala organisasi perangkat daerah terkait.

BACA JUGA:   Koramil 1014 - 01/Arut Selatan Terus Pantau Objek Wisata, Ini Tujuannya?

Dengan kerjasama ini nantinya Pemkab Kobar dalam hal ini Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) selaku selaku Pejabat Pengelola Keuangan Daerah (PPKD) akan menerapkan sistem transaksi Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) secara online.

‚ÄúTerobosan dan inovasi berupa penerapan SP2D online terintegerasi ini diperlukan guna memberikan manfaat kepada stakeholder dalam rangka menciptakan birokrasi yang bersih dan efisien terutama dalam bidang pengelolaan keuangan daerah,” jelas Bupati.

BACA JUGA:   Wakil Bupati Kobar Minta Program Fokus Pemulihan Ekonomi

Sementara itu Kepala BPKAD Drs Rochim Hidayat menambahkan beberapa manfaat yang didapatkan dengan penerapan aplikasi ini ialah meningkatkan kualitas pelayanan publik terhadap organisasi perangkat daerah dan pihak ke tiga/ masyarakat, meningkatkan kinerja organisasi terhadap pencairan SP2D serta monitoring terhadap pengeluaran rekening kas umum daerah (rkud) pada bank dapat dilakukan secara online.

(man/beritasampit.co.id).