Kementerian Harus Tetap Alokasikan Stimulan Bantuan Pengembangan Food Estate

PENINJAUAN : IST/BERITA SAMPIT - Rombongan Pemprov Kalteng dan Kementerian Pertanian meninjau area food estate.

PALANGKA RAYA – Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan (TPHP) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Sunarti mendampingi Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian (Kementan), Momon Rusmono dalam rangka gerakan percepatan tanam massal di kawasan Food Estate, Desa Bentuk Jaya, Dadahup, Kabupaten Kapuas.

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran melalui Sunarti menyampaikan bahwa, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng memohon secara khusus kepada Kementan agar tetap dapat mengalokasikan stimulan bantuan sarana produksi pertanian, berupa benih dan pupuk.

“Kemudian kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk dapat terus mendukung perbaikan infrastruktur pendukung, seperti tanggul-tanggul dan jaringan irigasi yang dilengkapi dengan pintu-pintu air, jalan, jembatan, dan lain-lain,” kata Sunarti.

Kegiatan gerakan percepatan tanam massal diawali dengan peninjauan area lokasi tanam oleh Sekjen Kementan, Kepala Dinas TPHP dan rombongan, dilanjutkan dengan penanaman massal dan diakhiri dengan acara ramah tamah.

Pemprov Kalteng juga sangat mengharapkan agar kegiatan yang dilaksanakan dapat lebih bersifat Padat Karya, dengan melibatkan masyarakat petani secara langsung.

Dukungan dari semua kementerian terkait dan stakeholder (pemangku kepentingan) yang terlibat tentu sangat penting untuk menyukseskan Program Strategis Nasional ini.

“Saya juga mengajak kepada seluruh masyarakat petani dan para petugas penyuluh, agar tetap semangat bahu-membahu membangun Kalimantan Tengah yang kita cintai ini,” tandasnya. (Hardi/beritampit.co.id).