OJK Kalteng Tingkatkan Inklusi dan Literasi Keuangan Syariah

IST/BERITA SAMPIT - Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin.

PALANGKA RAYA – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) bersama Komunitas Link Kalteng (Literasi Inklusi Kalimantan Tengah) menyelenggarakan kegiatan Festival Syariah Kalimantan Tengah (Fasting) tahun 2021, di Kantor OJK Provinsi Kalteng.

Kegiatan Fasting 2021 tersebut diselenggarakan selama empat hari, sejak tanggal 29 April – 2 Mei 2021 dibagi menjadi tiga bagian utama yaitu, festival mitra usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) binaan dari berbagai industri, lomba terkait keuangan syariah, talk show keuangan syariah.

Kepala OJK Kalteng, Otto Fitriandy mengatakan, bahwa tujuan dari penyelenggaraan kegiatan Fasting 2021 adalah untuk menyemarakan Gebyar Safari Ramadan 1442 Hijriyah serta untuk meningkatkan Inklusi dan literasi keuangan syariah kepada masyarakat Kalteng.

BACA JUGA:   90 Persen Program Food Estate Sudah Dikerjakan, Namun Ada Hal Mengkhawatirkan?

Kegiatan tersebut dibuka secara langsung oleh Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin, dan dihadiri unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kota Palangka Raya, Pimpinan Bank Syariah Indonesia Palangka Raya, Ketua MUI Kalimantan Tengah dan Komunitas LINK. Dalam kegiatan itu juga dilaksanakan secara simbolis pengukuhan Komunitas LINK.

“Saya atas nama Pemerintah Kota Palangka Raya, sangat mengapresiasi kegiatan ini, dimana dapat meningkatkan awareness masyarakat Kota Palangka Raya tentang literasi, dan inklusi keuangan syariah serta dapat bersinergi bersama dengan Pemerintah Kota Palangka Raya,” kata Fairid melalui rilis yang diterima, Selasa 4 Mei 2021.

Fairid juga berharap, agar peran UMKM dalam bidang perekonomian dapat mendominasi karena memiliki kontribusi yang besar dalam perekonomian nasional. Kegiatan Fasting 2021 dapat menjadi angin segar bagi para UMKM, sehingga dapat mensosialisasikan tentang pengelolaan keuangan syariah yang ada di Kota Palangka Raya.

BACA JUGA:   OJK Kalteng Dukung Wacana Pemkab Kotim Soal LKM

Fairid bersama Otto Fitriandy meninjau booth UMKM, Bank Kalteng, Akumandiri, Dinas Perdagangan dan Perindustrian Provinsi Kalteng, serta Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Provinsi Kalteng, yang menjual produk-produk berupa makanan, minuman dan kerajinan lokal khas Kalteng yang diikuti sebanyak 15 booth.

Kegiatan Fasting 2021 pada hari pertama adalah kegiatan Talk Show dengan tema Keuangan Syariah dan Peringatan Nuzulul Quran dengan narasumber Kepala OJK Provinsi Kalteng, Otto Fitriandy, Ketua MUI Kalteng Khairil Anwar dan Branch Manager BSI KC Palangka Raya 2 Edy Junaidi. (Hardi/beritasampit.co.id).