Rakor Persiapan Pendidikan Profesi Guru Resmi Dibuka, Ini Harapan Rektor UPR

M.SLH/ BERITA SAMPIT - Rektor UPR Dr. Andrie Elia, SE.,M.Si, saat foto bersama dengan para unsur teknis pengelola PPG FKIP UPR serta wakil Guru Pamong.

PALANGKA RAYA – Rektor Universitas Palangka Raya (UPR) Dr. Andrie Elia, SE.,M.Si, membuka secara resmi kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) persiapan pelaksanaan Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam Jabatan Angkatan Il, yang diselenggarakan di Swiss-Bellhotel Danum Palangka Raya, Selasa 4 Mei 2021.

Kata Dr. Andrie, kegiatan Pendidikan Profesi Guru tersebut sangat penting dalam peningkatan kualitas guru di seluruh Indonesia. “Sehingga nantinya keberhasilan bukan dari sertifikat yang dikeluarkan saat mengikuti kegiatan PPG ini, akan tetapi dilihat dari karirnya juga harus bagus,” jelasnya.

Ketua Harian Dewan Adat Dayak (DAD) Provinsi Kalteng ini juga menjelaskan bahwa, Rakor tersebut dijadikan sebagai tempat untuk mengevaluasi pengelolaan PPG Angkatan I 2021 yang sedang berlangsung untuk sebagai acuan bagi angkatan selanjutnya.

“Perlu juga dilihat penyusunan rencana perkuliahan, penugasan dosen, dan guru-guru pamong untuk dievaluasi, agar kualitasnya meningkat dalam pembelajaran tentang mutu dan standar harus diperhatikan, baik secara nasional maupun melalui Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) tingkat universitas maupun fakultas,” tutur Andrie.

Dirinya juga berharap, PPG tersebut dapat menjadi lembaga tersendiri di Universitas Palangka Raya sehingga perluasan kerja sama dengan sekolah mitra yang ada di Kalteng atau regional Kalimantan terus terjaga.

Dikesempatan yang sama, Ketua Program PPG Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UPR, Prof Dr. Eddy Lion M.Pd, mengatakan bahwa, pada angkatan pertama mahasiswa yang mengikuti PPG berjumlah 191 orang memilih di Universitas Palangka Raya dan angkatan kedua berjumlah 198 orang di seluruh Indonesia yang juga ikut kegiatan PPG ini.

Universitas Palangka Raya dipercayakan untuk menjalankan kegiatan PPG tersebut, selama satu tahun ini akan melaksanakan tiga angkatan.

“Angkatan pertama hanya diikuti dua Program Studi yaitu prodi PGSD dan Bahasa Inggris nanti akan berakhir tanggal 25 Juli 2021. Selanjutnya pada angkatan kedua diikuti PGSD dan Pendidikan Ekonomi yang akan mulai 25 Mei sampai 29 Agustus, sedangkan angkatan ketiga akan mulai 16 Juli sampai 17 Oktober 2021 ini,” ungkap Prof. Eddy Lion.

Untuk diketahui juga bahwa, Rapat Kerja tersebut akan dilaksanakan mulai 4-6 Mei 2021 yang diikuti oleh unsur-unsur teknis pengelola PPG FKIP UPR tahun 2021 serta wakil Guru Pamong. Untuk jumlah dosen yang terlibat pada Rakor tersebut ada 53 orang dan Guru Pamong sebanyak 47 orang. (M.Slh/beritasampit.co.id).