Bupati Kobar Bakar Puluhan Jenis Makanan Kadaluarsa

Man/BERITA SAMPIT - Puluhan jenis makanan yang telah kadaluarsa, nampak dimusnahkan Bupati dan DPRD didampingi Kapolres Kobar AKBP Devy Firmansyah.

PANGKALAN BUN – Bupati Kotawaringin Barat (Kobar) Hj Nurhidayah bersama tim terpadu melakukan pemusnahan barang bukti hasil operasi Pasar selama bulan Ramadan 1442 H.

“Pemkab Kobar, sangat mengaoresiasi terhadap kegiatan Oeprasi Pasar yang telah dilakukan Polres Kobar bersama tim gabungannya. Dan hasil razia yang cukup banyak ini, nantinya perlu ditindak lanjuti oleh dinas terkait untuk proaktif memberi pembinaan kepada para pemilik toko dan swalayan,” jelas Bupati usai acara Apel Gelar Pasukan Oprasi Ketupat Telabang 2021, yang dilanjutkan acara pemusnahan barang kadaluarsa, Rabu, 5 Mei 2021.

Sementara itu Kapolres Kobar AKBP Devy Firmansyah mengatakan, Operasi yang dilaksanakan beberapa hari lalu, telah berhasil menemukan banyak barang ekspayer, atau yang telah melewati tanggal kadaluarsa, di gudang penyalur, maupun di toko-toko yang ada di seputaran Kotawaringin Barat.

BACA JUGA:   Kadishub Kobar: Banjir Sudah Surut, Pengemudi Kendaraan Harus Hati-Hati Banyak Lumpur

“Hari ini adalah puncak dimana kami telah melakukan sidak di took-toko dan gudang penyalur, terkait barang dan makanan kadaluarsa, maka yang telah ditemukan hari ini di musnahkan. Semua ini kami lakukan dalam misi perlindungan konsumen, yang mana masyarakat sebagai konsumen tidak dirugikan dalam hal mengkomsumsi apapun,” beber Kapolres.

Beberapa pedagang ini sangat sadar akan pentingnya perlindungan pada konsumen, maka saat diperiksa dan ditemukan makanan, serta minuman yang telah kadaluarsa pihaknya kooperatif untuk dilakukan pemusnahan.

Selain itu barang yang ditemukan juga kebanyakan barang pedagang, dimana jika telah melewati masa kadaluarsa, informasinya akan diganti oleh pabriknya maka dengan sukarela pedagang membiarkan tim mengeluarkan semua itu.

BACA JUGA:   Balita Kembar Siam Berhasil Dioperasi dan Sehat, Kini Rawat Jalan di Apartemen Jakarta

“Barang yang ditemukan banyak kadaluarsa ini, kebanyakan barang pedagang dan agen, jadi para pedagang ini merasa tidak dirugikan dengan sidak ini, malah merasa terbantu sekali, karena dengan adanya sidak ini, pemusnahan barang-barang ini akan selesai hingga tuntas,” jelas Kapolres.

Disinggung soal penemuan bir dan minuman ber Alkohol lainya dirinya mengakui bahwa ini bagian dari sidak, terkait dengan minuman keras harus segera di berantas.

Ditambahkan Kapolres dengan berhasilnya jenis makanan yang kadaluarsa, paling tidak kita telah berupaya untuk menyelamatkan masyarakat dari ancanama bahaya makanan yang telah kadaluarsa.

(man/beritasampit.co.id).