Wujudkan Kalteng Cerdas, Komunitas Penggiat Literasi Donasi Buku

IST/BERITA SAMPIT - Suasana kegiatan literasi Anak-anak di Desa Bagugus Kabupaten Kapuas.

PALANGKA RAYA – Beberapa komunitas penggiat literasi yang ada di Kalimantan Tengah (Kalteng) menggelar kegiatan donasi buku untuk diberikan kepada anak-anak di Desa Bagugus Kabupaten Kapuas.

Kegiatan sosial ini sebagai bentuk peduli literasi untuk mewujudkan Kalteng Cerdas, dimana ada beberapa anak yang tidak berkesempatan untuk mendapatkan pendidikan yang sama pada masa pandemi Covid-19 ini karena kurangnya akses dan kesempatan.

“Sehingga kami yang terhimpun dari beberapa komunitas penggiat literasi bersepakat untuk mendukung adik-adik yang ada di Desa Bagugus agar mendapatkan edukasi dan pendidikan juga,” jelas Peggy Maria, Ketua Kegiatan Donasi Buku tersebut, Rabu 5 Mei 2021.

BACA JUGA:   Dua Pekan Polisi Berhasil Tangkap 9 Pemilik Sabu-Sabu di 8 Lokasi

Peggy menjelaskan, jenis buku yang dibutuhkan yaitu buku umum, dan pelajaran untuk Sekolah SD, SMP mengikuti usia adik-adik yang ada di sana. Untuk buku yang didonasikan tidak terbatas, boleh buku baru dan bekas (layak pakai) boleh edisi terbaru atau sudah lama.

“Untuk jumlah buku yang didonasikan sudah ada beberapa yang terkumpul, tapi kami masih menerima donasi dari teman-teman agar fasilitas dan buku bacaan yang kita perjuangkan di sana lebih banyak,” pungkasnya.

BACA JUGA:   6.000 UMKM di Palangka Raya Terima BPUM

Lembaga yang ikut menyelenggarakan kegiatan donasi buku ini yaitu Kalteng Cerdas, Euroweek, Info Kalteng, Ikatan Duta Bahasa Kalteng, Antrep dan komunitas lainnya.

Selain itu, mereka juga donasi perlengkapan sekolah seperti papan tulis, alat tulis, alat berhitung dan keperluan belajar lainnya.

Perlu diketahui kegiatan donasi literasi adalah inisiatif sejumlah komunitas literasi untuk berbagi dalam meningkatkan literasi, bukan hanya buku dan perlengkapan sekolah, donasi ini juga berbagi waktu untuk belajar bersama, games, sharing dan motivasi hidup. (Hardi/beritasampit.co.id).