Insan Pers Harus Selalu Sampaikan Informasi Kebijakan dan Perkembangan Ekonomi

SAMBUTAN : HARDI/BERITA SAMPIT - Sekretaris Daerah Provinsi Kalteng Fahrizal Fitri saat membacakan sambutan.

PALANGKA RAYA – Sekretaris Daerah Provinsi Kalteng Fahrizal Fitri menghadiri kegiatan Media Update sekaligus Silaturahmi Bersama Insan Pers dan Protokol Pemerintah Daerah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng). Kegiatan ini dilaksanakan oleh OJK Provinsi Kalteng, yang dilaksanakan di salah satu hotel di Palangka Raya, Kamis 6 Mei 2021.

Fahrizal Fitri menjelaskan, bahwa pandemi Covid-19 yang telah terjadi selama kurang lebih 1,5 tahun ini memiliki dampak yang sangat signifikan terhadap kehidupan sehari-hari. Ruang gerak masyarakat menjadi sangat terbatas, yang pada akhirnya memukul perekonomian di seluruh lapisan masyarakat di Indonesia, termasuk juga di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah.

Berbagai upaya telah dilakukan, baik oleh Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah, untuk dapat meningkatkan dan mendorong pemulihan ekonomi secara nasional dan daerah, namun dengan tetap memperhatikan perkembangan penyebaran Covid-19 di masyarakat.

BACA JUGA:   Hari Jadi Polwan, Polda Kalteng Distibusikan Bansos ke Warga

Selain itu, intervensi pada bidang kesehatan telah dilakukan, antara lain melalui vaksinasi gratis dan disiplin dalam penerapan protokol kesehatan, dengan harapan dapat menekan jumlah kasus masyarakat yang terinfeksi oleh Covid-19.

Kebijakan-kebijakan stimulus perekonomian juga telah dikeluarkan, dengan harapan dapat meningkatkan geliat usaha di masyarakat, khususnya di kalangan pelaku usaha informal dan UMKM/IKM yang merupakan salah satu sektor yang paling terdampak oleh adanya pandemi Covid-19 ini.

Sinergi antara Pemerintah Daerah serta instansi vertikal lainnya, termasuk juga lembaga jasa keuangan, menjadi hal yang sangat penting agar kebijakan stimulus yang telah ditetapkan dapat berjalan secara optimal di seluruh lapisan masyarakat.

“Selain itu program-program yang telah ditetapkan, baik oleh Pemerintah Daerah, instansi vertikal lainnya dan lembaga jasa keuangan, dapat berjalan secara selaras dan berkesinambungan, sehingga pemulihan ekonomi dapat berjalan dengan lebih cepat,” pungkas Fahrizal.

BACA JUGA:   Gubernur Kalteng Minta Angkutan Over Kapasitas Diterbitkan

Menurut Fahrizal, insan pers memiliki peran penting dan tanggung jawab untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat, mengenai kebijakan-kebijakan yang telah ditetapkan serta memberikan informasi terkini terkait perkembangan perekonomian.

Tujuannya, lanjut Dia, agar kebijakan dapat dijalankan secara menyeluruh dan masyarakat mengetahui dampak positif dari kebijakan tersebut terhadap perkembangan pemulihan ekonomi nasional maupun daerah.

“Sehubungan dengan hal tersebut, kami harap Insan Pers dapat senantiasa menyampaikan informasi terkait kebijakan dan perkembangan ekonomi serta berita terkait industri jasa keuangan secara rutin, agar awareness masyarakat terkait hal tersebut dapat lebih ditingkatkan,” harapnya. (Hardi/beritasampit.co.id).