Cegah Penyebaran Covid-19, Ini yang Dilakukan Satpol Air di DAS Arut

IST/BERITA SAMPIT - Anggota Satpol Air Polres Kobar saat dialdog sosialisasi prokes kepada Tukang Getek di DAS Arut Pangkalan Bun.

PANGKALAN BUN – Berbagai upaya tengah dilakukan Kepolisian Resor (Polres) Kotawaringin Barat (Kobar) untuk mengantisipasi penularan Covid-19 kepada masyarakat, terutama selama bulan ramadan 1442 hijriah.

Salah satu upaya yang dilakukan Satuan Kepolisian Perairan (Satpol Air) Polres Kobar, yakni melakukan pendekatan kepada sejumlah Tukang Getek atau Ojeg Perahu yang menyeberangkan warga masyarakat di DAS Arut Pangkalan Bun.

“Kegiatan untuk meningkatkan disiplin protokol kesehatan, selain telah dilakukan oleh seluruh jajaran Bhabinkamtibmas di 6 Polsek se-Kabupaten Kobar kepada seluruh warga, juga jajaran Satpol Air telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat yang berada di bantara DAS Arut Pangkalan Bun maupun Das Kumai,” jelas Kapolres Kobar AKBP Devy Firmansyah, Minggu 9 Mei 2021.

BACA JUGA:   Pemprov Kalteng Salurkan Bantuan Beras kepada Warga Kobar

AKBP Devy mengatakan, kegiatan selama bulan ramadan dalam rangka meningkatkan disiplin protokol kesehatan mendapat sambutan yang sangat baik dari masyarakat.

“Kegiatan Satpolair Polres kobar melakukan Polmas di daerah bantaran sungai Arut bertujuan untuk mengimbau kepada masyarakat yang ada di bantaran sungai arut agar untuk selalu mematuhi protokol kesehatan yang bertujuan untuk menekan penyebaran Virus Covid-19 di Wilkum Polres Kobar,” ujarnya.

Sementara itu, Kasat Polair Polres Kobar Iptu Kusean Affandi, saat dikonfirmasi mengatakan, kegiatan Polmas di bantaran sungai Arut ini adalah salah satu tugas Satpolair Polres Kobar untuk menekan penyebaran Virus Covid-19.

“Sasaran dari kegiatan tersebut adalah masyarakat sekitar bantaran sungai Arut, dengan cara mendatangi sejumlah tukang perahu getek, yang biasa mengantar warga untuk menyeberang. Kemudian dialog dengan mereka, agar ikut membantu kepada warga untuk meningkatkan protokol kesehatan diantaranya tetap pakai masker, cuci tangan dan menghindari kerumunan,” jelas Iptu Kusean.

BACA JUGA:   Polisi Berhasil Ungkap Kasus Penipuan Skincare Bodong, Owner CV. Sega Arunika Berkah Kini Dipenjara

Selain itu, masyarakat di sejumlah kelurahan di sekitar bantara sungai Arut diimbau membantu mensosialisasikan prokes kepada masyarakat yang ada di sekitar bantaran sungai Arut.

“Semua imbau sama intinya kita selalu harus mematuhi protokol kesehatan seperti menggunakan masker dan menjaga jarak dalam melakukan aktifitas sehari hari, demi mencegah penyebaran Covid-19,” pungkas Kesean Affandi. (Man/beritasampit.co.id).