Gubernur Kalteng Minta Jangan Kendor Prokes Antisipasi Sebaran Covid-19

IST/BERITA SAMPIT - Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran.

PALANGKA RAYA – Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran tidak henti-hentinya meminta masyarakat untuk jangan kendor dalam penerapan protokol kesehatan (Prokes) dan selalu menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi makanan bergizi serta berolahraga. Terutama rutin mencuci tangan sebelum dan seusai beraktifitas.

Menurut Sugianto, disiplin Prokes saat ini menjadi jalan satu-satunya untuk memutus penyebaran Covid-19. Ditambah lagi dengan kewaspadaan dan antisipasi, seperti rutin berolahraga dan makan makanan bergizi. Hal itu dapat terhindar dari sebaran Covid-19.

“Kepada Pemerintah Kabupaten dan Kota agar terus edukasi masyarakat untuk taat prokes, tingkatkan prokes dan waspada untuk diri sendiri, orang lain serta keluarga. Melalui fungsi edukasi, sosialisasi dan mitigasi, termasuk menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir, menjaga jarak dan menghindari kerumunan yang harus di implementasikan dengan baik,” kata Sugianto.

Kesadaran masyarakat dalam penerapan Prokes sangat penting dilakukan, karena masyarakat adalah garda terdepan dalam upaya memutus penyebaran Covid-19. Dengan disiplin melaksanakan Prokes maka Kalteng dapat menekan penyebarannya.

“Mari kita berdoa bersama-sama agar pandemi Covid ini cepat berlalu dan kehidupan perekonomian dapat ditingkatkan lagi. Kurangi aktifitas yang tidak penting, agar kita aman dan keluarga nyaman,” pungkasnya.

Diketahui, wilayah Kalteng sudah ada masuk varian baru Covid-19, yakni Varian B.1.617 yang diduga mutasi dari India, dan sudah ada yang positif lebih dari satu dari beberapa sampel yang diuji di Kemenkes. Hal ini juga menjadi perhatian bagi masyarakat dalam beraktifitas. (Hardi/beritaaampit.co.id).