Bulog Kalteng Jamin Ketersediaan Daging Beku Untuk Kebutuhan Lebaran

Ilistrasi : Warga berbelanja daging di Pasar Besar Palangka Raya.//IST_Antara/Rendhik Andika.

PALANGKA RAYA – Badan Urusan Logistik (Bulog) Divisi Regional (Divre) Kalimantan Tengah (Kalteng) menjamin ketersediaan daging beku untuk memenuhi kebutuhan masyarakat pada Lebaran 1442 Hijriah hingga pasca Idul Fitri 2020.

“Stok daging beku kita masih cukup banyak. Bahkan cadangan kita masih 14 ton yang kita simpan di Bulog DKI Jakarta,” kata Kepala Bidang Pengadaan Operasional dan Pelayanan Publik (POP2), Bulog Divre Kalteng, Akhmad Roni Anwar, Senin 10 Mei 2021.

Stok daging beku yang disimpan di Jakarta itu dikarenakan keterbatasan kapasitas penyimpanan daging beku di wilayah Bulog Divre Kalteng.

“Jadi jika stok daging beku diperkirakan segera habis, maka cadangan itu segera kami datangkan. Namun berdasar hitungan stok saat ini cukup maka kita berencana datangkan stok usai Lebaran nanti,” kata Kabid POP2 Bulog Drive Kalteng, dilansir dari Antara.

Untuk itu Bulog Kalteng mengimbau masyarakat tidak perlu was-was dan berharap agar masyarakat berbelanja dengan bijak sesuai kebutuhan dan tidak berbelanja secara berlebihan.

BACA JUGA:   Pembangunan Mako Korpolairud Baharkam Polri di Kalteng Diharapkan Terwujud

Bulog Kalteng juga meminta masyarakat tidak terlalu was-was terjadi kelangkaan beras, sebab pihaknya memastikan stok beras yang dimiliki saat ini aman sampai usai Lebaran.

“Stok beras kita aman bahkan cukup untuk memenuhi kebutuhan selama 4-6 bulan mendatang. Stoknya ada sekitar 4.793 ton,” katanya.

Ribuan ton stok beras milik perusahaan berplat merah tersebut saat ini tengah di simpan di gudang dan siap didistribusikan jika terjadi gejolak kelangkaan atau kenaikan harga beras yang tidak terkendali di pasaran.

Roni mengatakan, selain beras, pihaknya juga memiliki sejumlah persediaan bahan pangan lain yang menjadi kebutuhan utama masyarakat dalam pemenuhan kehidupan sehari-hari.

“Sampai Kamis kemarin stok gula pasir kita memiliki ketersediaan 130 ton, minyak goreng 11.000 liter, tepung terigu 5,8 ton, daging sapi 15 ton, daging kerbau 21 ton dan daging ayam 300 kilogram,” bebernya.

BACA JUGA:   Kesbangpol : Wujudkan Kalteng Bebas Narkoba

Berbagai bahan pokok yang disediakan Bulog itu dapat diperoleh masyarakat terutama di Ibu Kota Provinsi Kalimantan Tengah dengan mendatangi outlet di Kantor Bulog Divre Kalteng dan outlet di area Pasar Besar Palangka Raya.

Pusat penjualan itu masih akan beroperasi hingga H-1 Lebaran seiring dengan ditiadakannya cuti Idul Fitri 1442 Hijriah. Harga yang ditawarkan pun tetap dan tidak akan berubah meski seandainya terjadi gejolak harga di pasaran.

Bulog selaku perwakilan pemerintah pusat dalam penyediaan urusan logistik selalu siap membantu dan berkolaborasi dengan pemerintah daerah dalam upaya penyediaan stok dan stabilitas harga bahan pangan di pasaran.

(BS-65/beritasampit.co.id)