Pemkab Barito Utara Tutup Seluruh Tempat Wisata Selama Libur Lebaran

Dokumentasi - Warga melintas di kawasan pintu gerbang tempat wisata Air Terjun Jantur Doyam di wilayah Kecamatan Lahei Barat Jalan Negara Kilometer 18 Muara Teweh-Puruk Cahu.//IST_Antara/-Disbudparpora Barito Utara.

MUARA TEWEH – Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah (Kalteng), melalui Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (Disbudparpora) setempat, menutup sementara seluruh tempat objek wisata mulai 13-16 Mei 2021 untuk mencegah penularan pandemi Covid-19 di daerah ini.

Penutupan sementara tempat wisata tersebut berdasarkan Surat Edaran (SE) Bupati Barito Utara Nomor : 6601/372/PDW/2021 tentang penutupan sementara tempat wisata yang ditujukan ditujukan kepada Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga, Camat se-Barito Utara dan pengelola tempat wisata.

“Dalam penutupan tersebut kami menugaskan tim bersama petugas objek wisata menjaga dan menertibkan portal di lokasi agar tidak ada warga atau pengunjung yang berwisata selama objek wisata ditutup,” kata Kepala Dinas Budparpora Barito Utara, Annisa Cahyawati, Selasa 11 Mei 2021.

Dilansir dari Antara, Surat Edaran Bupati Barito Utara itu disebutkan, bahwa dalam rangka mencegah dan meminimalisir penyebaran Covid-19 serta mematuhi gerakan 5M protokol kesehatan, maka untuk mengantisipasi terjadinya kerumunan orang dalam melaksanakan perayaan hari raya Idul Fitri 1442 H dan hari libur nasional, perlu dilakukan penutupan sementara terhadap tempat wisata di wilayah Kabupaten Barito Utara mulai 13 Mei sampai 16 Mei 2021.

“Mulai tanggal 13 hingga 16 Mei 2021, kita tutup lokasi wisata yang ada di daerah ini. Hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran virus Covid-19,” kata Annisa.

Sejumlah tempat wisata yang ditutup sementara tersebut diantaranya tiga objek wisata unggulan Dam Trinsing dan kawasan Bumi Perkemahan Panglima Batur masing-masing di Kecamatan Teweh Selatan serta Air Terjun Jantur Doyam di Kecamatan Lahei Barat di Jalan Negara Kilometer 18 Muara Teweh – Puruk Cahu serta kawasan wisata lainnya.

(BS-65/beritasampit.co.id)