BPBD Banjarmasin Siagakan Bantuan untuk Korban Banjir di Satui

Anggota Polsek Satui, Polres Tanah Bumbu melakukan evakuasi terhadap warga terdampak banjir.//IST_Antara/Firman;

BANJARMASIN – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel), menyiagakan bantuan bagi musibah banjir yang melanda wilayah Satui, Tanah Bumbu.

Plt Kepala BPBD Kota Banjarmasin, H Edy Wibowo SE, menyatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan BPBD Tanah Bumbu untuk penanganan banjir di wilayah Satui.

“Kita nyatakan siap siaga untuk membantu,” ujarnya. Dilansir dari Antara.

BPBD Kota Banjarmasin, kata Edy, menyiapkan tenaga bantuan untuk dikirim ke lokasi banjir besar yang melanda Satui tersebut.

“Tinggal menunggu instruksi untuk berangkat,” ujarnya.

Tentunya, lanjutnya, Kota Banjarmasin ikut prihatin atas terjadinya banjir besar di daerah Satui yang bertepatan Idul Fitri 1442 Hijrah ini, di mana belasan ribu jiwa dikabarkan terdampak banjir tersebut.

BACA JUGA:   RSUD Ulin Banjarmasin Kembangkan Inovasi Alat Bantu Pernapasan Bayi

Menurut Edy, Pemerintah Kota Banjarmasin menaruh perhatian besar bagi musibah banjir di Tanah Bumbu tersebut, karena Banjarmasin pernah merasakan musibah banjir besar pada pertengahan bulan awal tahun ini.

“Karenanya kita saling membantu, di mana Kabupaten Tanah Bumbu pada musibah banjir di Banjarmasin kemarin ikut membantu,” paparnya.

Dari informasi yang dihimpun di Tanah Bumbu, ada lima desa terdampak banjir besar di Kecamatan Satui tersebut.

Kapolsek Satui, AKP Parman mengatakan, hingga Jumat siang sudah ada dua lokasi pengungsian yang didirikan, yaitu SMPN 4 Satui di Desa Sinar Bulan dengan jumlah warga mengungsi 55 Kepala Keluarga atau 186 jiwa dan di Gedung Majelis Talim Desa Sungai Danau terdapat 6 KK atau 21 jiwa.

BACA JUGA:   Pamit Cari Ikan, Juhri Ditemukan Tewas di Sungai Batu Benawa

“Selebihnya masih bertahan di rumah masing-masing, namun kami mengimbau agar warga mengungsi ke tempat lebih aman sembari terus melakukan evakuasi,” kata Parman.

Adapun lima desa yang terdampak banjir, yakni Desa Sejahtera Mulia dihuni 290 KK atau 580 jiwa, Desa Jombang 162 KK atau 515 jiwa, Desa Sinar Bulan 1.104 KK atau 4.413 jiwa, Desa Sungai Danau 1.745 KK atau 5.670 jiwa serta Desa Satui Barat 120 KK atau 380 jiwa.

“Jadi data sementara sebanyak 11.558 jiwa atay 3.421 KK terdampak banjir di Kecamatan Satui hingga siang hari ini,” papar Parman.

(BS-65/beritasampit.co.id)