Pemkab Barut Turunkan Petugas Jaga Selama Penutupan Objek Wisata

Sejumlah petugas lapangan dan pengawas objek wisata melaksanakan pemortalan jalan masuk ke tempat wisata selama beberapa hari kedepan di tempat wisata air terjun Jantur Doyam di Kecamatan Lahei Barat, Kamis 13 Mei 2021.//IST_Antara/-Disbudparpora Barito Utara.

MUARA TEWEH – Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, menurunkan 25 orang petugas lapangan dan tim pengawasan pada tiga objek wisata di daerah tersebut, terkait penutupan tempat wisata selama liburan Lebaran 2021 sebagai langka antisipasi penyebaran virus Covid-19.

Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Barito Utara, Annisa Cahyawati, mengatakan, untuk kawasan wisata Dam Trinsing dan Bumi Perkemahan Panglima Batur masing-masing di jaga sembilan orang petugas lapangan dan pengawas objek wisata, sedangkan di Air Terjun Jantur Doyam dijaga sebanyak tujuh orang petugas lapangan dan pengawas objek wisata.

“Mereka ini melaksanakan penjagaan (pemortalan) di setiap pintu masuk/gerbang masuk objek wisata. Penutupan untuk sementara ini dilaksanakan sejak tanggal 13 sampai 16 Mei 2021,” katanya, Jumat 14 Mei 20211. Seperti dikutip dari Antara.

Annisa juga meminta kepada warga masyarakat di daerah ini agar bisa mematuhi anjuran dari pemerintah untuk tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Mari kita patuhi gerakan 5 M protokol kesehatan (memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan serta membatasi mobilisasi dan interaksi,” katanya.

Penutupan sementara tempat wisata ini sebagai salah satu upaya Pemerintah Kabupaten Barito Utara dalam mencegah penyebaran dan penanganan Covid-19 di daerah ini.

Ditutupnya tempat wisata itu berdasarkan Surat Edaran (SE) Bupati Barito Utara Nomor : 6601/372/PDW/2021 tentang penutupan sementara tempat wisata di wilayah Barito Utara.

Tempat wisata yang ditutup sementara tersebut diantaranya tiga objek wisata unggulan Dam Trinsing dan kawasan Bumi Perkemahan Panglima Batur, masing-masing di Kecamatan Teweh Selatan, serta Air Terjun Jantur Doyam di Kecamatan Lahei Barat di Jalan Negara Kilometer 18 Muara Teweh, Puruk Cahu serta kawasan wisata lainnya.

(BS-65/beritasampit.co.id)