Plt Kadis Perpustakaan dan Arsip Kalteng Diganti

SERAH TERIMA : IST/BERITA SAMPIT - Acara serah terima jabatan Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kalteng dari Sri Widanarni (kiri) kepada Luqman Al Hakim.

PALANGKA RAYA – Luqman Al Hakim resmi menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), menggantikan Sri Widanarni. Acara serah terima jabatan tersebut dilaksanakan di Aula Dinas Perpustakaan dan Arsip Kalteng, Senin 17 Mei 2021.

Sri Widanarni menyampaikan kesan dan harapan kedepannya untuk Dinas Perpustakaan dan Arsip Kalteng. “Saya memiliki kesan tersendiri, selama menjabat menjadi Plt Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kalteng, karena bisa ikut serta mencerdaskan masyarakat melalui perpustakaan,” ujarnya.

Sehingga menurut Dia, kegiatan perpustakaan saat ini sudah bagus dan tinggal meningkatkan lagi keterlibatan masyarakat dalam hal transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial.

BACA JUGA:   Kepala Bappeda Litbang Kalteng Hadiri Musrenbang RKPD Pulang Pisau

Kat Sri, apabila hanya mengandalkan buku-buku yang ada dengan mengharapkan masyarakat berkunjung ke Perpustakaan, itu mungkin tidak terlalu banyak masyarakat yang akan berkunjung.

Sehingga menjadi tugas bersama untuk membuat perpustakaan menjadi tempat yang menyenangkan dan menjadi tempat belajar sepanjang hayat, serta membuat inovasi-inovasi sehingga masyarakat merasakan langsung dampak dari kehadiran perpustakaan.

“Selain itu juga harus menyediakan elektronik book (Ebook) yang sudah ada, dan itu harus ditambah lagi referensinya, sehingga Perpustakaan Provinsi Kalteng mampu memenuhi referensi yang dibutuhkan masyarakat,” pungkasnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kalteng Luqman Al Hakim, berencana akan mengembangkan perpustakaan supaya tetap eksis, dan meningkatkan minat baca masyarakat.

BACA JUGA:   Pembangunan Mall Jalan Lingkar Utara Distop

“Musim pandemi saat ini menjadi tantangan bagi kita untuk meningkatkan minat baca masyarakat, sehingga perpustakaan yang akan dikembangkan nanti, selain memberikan ilmu pengetahuan, perpustakaan nantinya akan memberikan manfaat bagi kehidupan mereka,” jelasnya.

Luqman berharap, peran kita di Perpustakaan ini bisa ditingkatkan lagi, terutama untuk mewujudkan visi Gubernur Kalteng yaitu Kalteng BERKAH. Sehingga dalam hal ini, Dinas Perpustakaan dan Arsip Kalteng akan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, serta berperan dalam taraf hidup masyarakat dan kesejahteraannya salah satunya dengan membaca. (Hardi/beritasampit.co.id).