Pemkab Pulang Pisau Buka Formasi Perekrutan CASN untuk Lulusan SMA

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Pulang Pisau, Saripudin.//IST_Antara/Adi Waskito;

PULANG PISAU – Pemerintah Kabupateng Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, berencana melakukan perekrutan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN), termasuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) pada 2021 ini.

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Pulang Pisau, Saripudin, menyebutkan terdapat formasi untuk pelamar lulusan Sekolah Menengah Atas sederajat pada tahun ini.

Saripudin menerangkan, kepastian adanya perekrutan CASN pada tahun 2021 ini setelah BKPP setempat menerima email dari KemenPAN-RB. Dalam email tersebut, terdapat sebanyak 800 jumlah formasi yang diberikan kepada pemerintah setempat.

“Ada empat formasi untuk pelamar dengan pendidikan SLTA (SMA) yang dibuka tahun ini,” kata Saripudin, Selasa 18 Mei 2021. Dilansir dari Antara.

Dari 800 formasi itu, sebanyak 664 dialokasikan untuk PPPK dari tenaga guru dan sebanyak 136 untuk formasi CPNS.

BACA JUGA:   Hari Pertama Kerja Pasca Lebaran, Kemenag Kalteng Apresiasi Disiplin Pegawai

Saripudin mengungkapkan, formasi yang dibuka untuk pelamar SMA tersebut adalah untuk tenaga teknis. Selain tenaga teknis, dari 136 formasi CPNS tersebut juga terdapat untuk tenaga medis dan administrasi.

“Pemerintah setempat berharap jumlah formasi CPNS dan PPPK dari KemenPAN-RB ini nantinya tidak ada perubahan,” terang Saripudin.

Menurut Saripudin, BKPP setempat sebelumnya masih ragu untuk memberikan keterangan dalam jumlah formasi tersebut, karena informasi yang diterima dari KemenPAN-RB masih dalam bentuk email.

Pihaknya juga masih menunggu petunjuk dan arahan lanjutan dari KemenPAN-RB dalam bentuk surat yang tertandatangan dalam cap basah untuk menjadi dasar perekrutan CASN tahun ini.

BACA JUGA:   Wagub dan Kapolda Kalteng Tinjau Proses Vaksinasi Massal Lansia di Pulang Pisau

Dengan adanya perekrutan CPNS dan PPPK ini, lanjutnya, diharapkan hasilnya nanti dapat mengisi kekurangan sumber daya manusia yang ada di lingkungan pemerintah setempat.

Selain menjadi kebutuhan, kekurangan pegawai di lingkungan pemerintah setempat juga disebabkan oleh adanya ASN dan tenaga guru yang memasuki masa pensiun disetiap tahunnya.

“Khususnya bagi pelamar dari kabupaten setempat, diharapkan bisa mempersiapkan diri dengan adanya rencana perekrutan CASN yang dibuka tahun ini,” tutup Saripudin.

(BS-65/beritasampit.co.id)