Legislator PKB Ini Dukung Program Cetak Anggota Polri Putra-Putri Dari Mura

IST/BERITA SAMPIT - Bupati Mura, Perdie M. Yoseph didampingi Kapolres Mura AKBP I Gede Putu Widyana dan Wakil Ketua II DPRD Mura, Rahmanto Muhidin saat mengikuti Vicon bersama Kapolda Kalteng.

PURUK CAHU – Wakil Ketua II DPRD Murung Raya (Mura) mendukung program mencetak anggota Polri dari pemuda-pemudi Mura melalui kerja sama antara Polda Kalteng dan Pemda setempat untuk rekrutmen proaktif Bintara Polri tahun 2021.

“Ini program sangat bagus, saatnya lebih banyak putra-putri asli Kalteng khususnya Mura yang menjadi anggota Polri,” kata Rahmanto Muhidin usai mengikuti Vicon bersama Kapolda Kalteng, Irjen Pol Dedi Prasetyo, Selasa 18 Mei 2021 kemarin.

Menurut dia, dengan pembinaan yang terprogram secara baik dan terencana, maka peluang mereka yang berminat atau bercita-cita menjadi anggota Polri semakin terbuka.

BACA JUGA:   BPS Kalteng Sampaikan Luas Panen Jagung di Provinsi Kalimantan Tengah

Diakui Rahmanto, selama ini minat generasi muda di Bumi Tana Malai Tolung Lingu itu untuk menjadi anggota Polri cukup tinggi berdasarkan jumlah pendaftar pada seleksi setiap tahunnya terus meningkat.

Meski begitu, keinginan yang kuat tidak diikuti persiapan yang matang sehingga kerap gugur di tahapan seleksi terutama saat tes kesehatan.

“Jangan ketika mau ikut tes baru persiapan. Seharusnya jauh-jauh hari sudah disiapkan betul diri baik belajar yang rajin hingga melatih fisik dan menjaga kesehatan tubuh. Idealnya sejak duduk di bangku SMA dan sederajat, disiapkan jika mantap bercita-cita ingin menjadi polisi,” terangnya.

BACA JUGA:   PMMK Berkah Mulai Dilaksanakan, Upaya untuk Berintegrasi dengan Kegiatan Pemerintah Provinsi

Sementara itu, Kapolda Kalteng, Irjen Pol Dedi Prasetyo dalam arahannya kepada seluruh Kepala Daerah Se-Kalteng mengatakan, tahun 2021 ini akan melakukan proses rekrutmen Bintara Polri yang asli putra-putri daerah sebagai calon anggota Polri.

Selain itu, Polda Kalteng juga akan merekrut kurang lebih 500 Bintara baru Polri melalui seleksi penerimaan calon anggota Polri dengan persentase 85 persen putra-putri daerah dan 15 persen dari luar daerah.

“Penerimaan Bintara Polri Polda Kalteng 2021 tersebut dikhususkan bagi putra-putri daerah sehingga ketika lulus nantinya akan bertugas di daerahnya masing-masing,” pungkas Jendral Bintang Dua itu. (Lulus/beritasampit.co.id).