Pemkab Lamandau Optimalkan Potensi Daerah di Sektor Pertanian dan Perkebunan

Bupati Lamandau Hendra Lesmana (tengah) saat berada di ladang padi di Desa Wisata Lopus, Kecamatan Delang, beberapa waktu lalu.//IST_Antara/ft-Pemkab Lamandau;

NANGA BULIK – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamandau, Kalimantan Tengah, terus berupaya mengoptimalkan potensi yang dimiliki daerahnya untuk memacu pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Salah satu program prioritas pembangunan Kabupaten Lamandau pada 2022 mendatang adalah sektor pertanian dan perkebunan

“Lamandau memiliki potensi besar pada sektor pertanian dan perkebunan,” kata Bupati Lamandau, Hendra Lesmana, di sela ekspose rencana kerja perangkat daerah Rabu 19 Mei 2021.

Dilansir dari Antara, pada hari pertama ekspose rencana kerja tersebut, membahas tentang optimalisasi produksi serta pemanfaatan potensi unggulan daerah.

Hendra menjelaskan, pada sektor pertanian dan perkebunan, beberapa komoditas yang berhasil dikembangkan adalah jahe dan kopi.

“Nantinya dapat dikembangkan komoditas baru berskala industri seperti singkong dan jengkol,” ungkapnya.

Pihaknya juga ingin mengembangkan food estate yakni pertanian yang terintegrasi, sebagai upaya mendukung ketahanan pangan nasional.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Lamandau Irwansyah menjelaskan, pihaknya akan berkoordinasi dengan instansi terkait mengenai lahan-lahan yang dipersiapkan untuk pengembangan sektor pertanian maupun perkebunan.

“Pemkab juga siap membantu sarana dan prasarana yang dibutuhkan ke depannya, agar pengembangan pertanian dan perkebunan di Lamandau bisa dioptimalkan,” kata dia.

(BS-65/beritasampit.co.id)