Diguyur Hujan Lebat, Jalan dan Pemukiman di Barito Utara Terendam Banjir

Banjir akibat meluapnya Sungai Barito mulai merendam kawasan padat penduduk di Gang Paraguay Muara Teweh, Kamis 20 Mei 2021.//IST_Antara/ft-BPBD Barito Utara;

MUARA TEWEH – Meluapnya aliran Sungai Barito setelah diguyur hujan lebat dalam beberapa hari terakhir, mengakibatkan sejumlah ruas jalan dan pemukiman  di wilayah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, mulai terendam banjir.

Banjir mulai menggenang sejak Rabu 19 Mei 2021 sore dan hingga kini air terus naik secara perlahan. Saat ini warga mulai berkemas-kemas untuk mengangkut sejumlah barang rumah tangga mereka ke tempat yang lebih aman dari banjir musiman ini.

“Saat ini banjir mulai merendam jalan di kawasan tempat tinggal kami di Kelurahan Jambu, Kecamatan Teweh Baru,” kata Igang, warga Kelurahan Jambu, Kecamatan Teweh Baru, Kamis 20 Mei 2021.

Dilansir dari Antara, Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Barito Utara, Rizali Hadi, mengatakan, banjir yang melanda daerah ini hingga Kamis sore masih naik.

BACA JUGA:   Pasar Murah Kalteng, Patok Harga Beras 10 Kg Cukup Bayar Rp20.000

Banjir melanda Kelurahan Jambu sudah menenggelamkan jalan,dan merendam pemukiman serta fasilitas umum lainnya dengan ketinggian yang bervariasi.

Kawasan yang parah dilanda banjir ada di kelurahan tersebut meliputi RT 02 A, RT 02 B, RT 03, RT 04, RT 05, RT 06 dan RT 09 dengan ketinggian antara 30 sentimeter sampai 100 cm.

“Tempat yang parah dilanda banjir berada RT 02 B dengan kedalaman sekitar 100 sentimeter, di kawasan ini sebuah jembatan yang menghubungkan RT 02 A dan RT 02 B juga ikut terendam,” kata Rizali.

Selain di wilayah Kecamatan Teweh Baru, banjir juga melanda wilayah Kelurahan Lahei I RT 3 dan RT 4 serta RT 1 Kelurahan Lahei II Kecamatan Lahei dengan ketinggian banjir bervariasi hingga hampir satu meter. Kedua kawasan itu berada di dataran rendah, sehingga cepat dilanda banjir.

BACA JUGA:   DPMPTSP Melaksanakan Program Rutin Ramadan Berbagi

Kawasan yang terendam banjir musiman ini selain merendam sejumlah desa di Kecamatan Lahei dan Teweh Baru juga merendam sejumlah kawasan yang berada pada pinggiran Sungai Barito, yakni di Kecamatan Teweh Tengah dan Montallat serta sejumlah desa di Sungai Lahei (anak Sungai Barito).

Banjir juga mulai merendam sejumlah kawasan di Kota Muara Teweh, di antaranya sebagian Jalan Imam Bonjol, Jalan Dahlia, Gang Paraguay, Jalan Flores, Gang Nike Ardila, Gang Citra, sebagian Jalan Imam Bonjol dan Jalan Merak.

“Banjir mulai merendam jalan dan diperkirakan besok terus naik, karena sebagian wilayah di Kabupaten Murung Raya yang berada di hulu Sungai Barito juga mulai terendam banjir,” kata warga Muara Teweh.

(BS-65/beritasampit.co.id)