Pelabuhan Panglima Utar Kumai Dijaga Ketat Aparat TNI dan Polri

IST/BERITA SAMPIT - Sejumlah penumpang yang baru turun dari kapal langsung diperiksa tim kesehatan yang dijaga ketat TNI dan Polri.

PANGKALAN BUN – Pasca lebaran Idul Fitri penjagaan di wilayah pelabuhan Panglima Utar Kumai Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) semakin diperketat. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19.

Danramil 1014-02/Kumai Kapten (Arm) Ahmad Zubaidi mengatakan bahwa, Koramil 1014-02/Kumai dan aparat gabungan dari Polsek Kumai serta petugas pelabuhan berjaga di Pos masuk penyekatan arus mudik/balik di pelabuhan Panglima Utar Kumai.

Penjagaan tersebut dilakukan dengan lebih khusus karena dikhawatirkan nantinya ada penumpang kapal dari Jawa yang positif Covid-19 lolos dari pemeriksaan kesehatan.

Ada sebanyak 20 orang penumpang yang baru datang dari pelabuhan Tanjung Perak Surabaya menggunakan Kapal KM Darma Kencana diwajibkan membawa dokumen negatif Covid-19 berupa hasil Rapid Tes Antigen sebelum tiba di pelabuhan.

BACA JUGA:   Prihatin dengan Harga Beras Semakin Naik, Paguyuban Tionghoa Pangkalan Bun Distribusikan 10 Ton Beras Murah ke Masyarakat

“Dalam kegiatan ini juga bersama Satgas penanganan Covid-19 Kabupaten Kotawaringin Barat, mereka telah melakukan upaya pemeriksaan untuk mengantisipasi penularan Covid-19 pada saat lonjakan penumpang dan kendaraan pada arus balik pasca lebaran meskipun diketahui bersama sudah ada kebijakan Pemerintah tentang larangan mudik,” ujar Ahmad Zubaidi.

Dia mengakui, pelabuhan Panglima Utar Kumai  merupakan pintu masuk ke Kabupaten Kotawaringin Barat yang menjadi salah satu fokus perhatian dalam layanan arus balik pasca libur lebaran.

“Sesuai ketentuan yang ada, kepada calon penumpang yang akan berangkat atau datang di pelabuhan Panglima Utar Kumai ini untuk melakukan tes secara mandiri lebih awal yaitu di tempat asal, tidak di pelabuhan, untuk menghindari terjadinya penumpukan di pelabuhan,” jelas Ahmad Zubaidi.

BACA JUGA:   Menjelang Lonjakan Mudik Lebaran 2024, PT. Dharma Lautan Utama Kumai Siapkan 4 Armada Kapal

Secara umum lanjutnya, pelaksanaan pengendalian transportasi di masa peniadaan mudik di pelabuhan Panglima Utar Kumai berjalan seperti biasa tidak ada kendala. Dia sangat apresiasi kepada masyarakat yang telah mematuhi kebijakan Pemerintah untuk tidak mudik lebaran tahun 2021 ini, dan yang paling khusus kepada masyarakat yang telah meningkatkan disiplin protokol kesehatan.

“Ini semua demi kebaikan kita bersama dan oleh siapa lagi kalau bukan oleh diri kita masing-masing,” ujarnya. (Man/beritasampit.co.id).