Balai Bahasa Kalteng Permudah Peminjaman Buku

HARDI/BERITA SAMPIT - Kepala Balai Bahasa Provinsi kalimantan Tengah Valentina Lovina Tanate.

PALANGKA RAYA – Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) sosialisasi standar pelayanan publik di Swiss-Belhotel Danum Palangka Raya, Jumat 21 Mei 2021.

Kegiatan dengan tujuan untuk memudahkan peminjaman buku disaat pandemi Covid-19 ini diikuti peserta dari pihak Dinas Pendidikan, media, kepolisian dan lainnya.

Kepala Balai Bahasa Provinsi Kalteng, Valentina Lovina Tanate memperkenalkan unit layanan terpadu yang bisa diakses melalui website yang dikelola oleh Balai Bahasa Provinsi Kalteng, yaitu bisa diakses melalui http://ultbbkt.kemdikbud.go.id/permohonan/keluh.php,

“Dalam tampilan pengguna bisa melihat menu yang ada di website tersebut seperti mengajukan permohonan dan keluhan, akses kamus bahasa daerah serta mengakses katalog buku perpustakaan,” jelas Valentina.

BACA JUGA:   Langkah Muhammad Syauqie untuk Menjadi Gubernur Kalteng Terhalang Ini

Selain itu, saat ini sudah tersedia kamus bahasa Dayak. Fitur ini dapat mencari kosa kata bahasa Dayak. Dalam kamus bahasa daerah ini akan menampilkan seperti kosa kata, makna kata dan contoh penggunaan dalam kalimat.

Pada menu katalog buku perpustakaan pengguna dapat mencari buku sesuai dengan kategori yang diinginkan tanpa harus datang secara langsung, untuk kategori buku seperti umum, bahasa dan sastra. Pengguna juga dapat mencari buku dengan judul sesuai keinginan cukup mudah.

BACA JUGA:   Pemprov Kalteng Gelar Peringatan Nuzulul Quran 1445 Hijriah

Seluruh katalog buku perpustakaan memiliki kurang lebih 2.022 Judul Buku dan 3.332 Eksemplar. Setelah mengetahui koleksi buku perpustakaan, pengguna dapat melakukan peminjaman buku dengan cara datang langsung ke Balai bahasa Provinsi Kalteng.

Untuk informasi lebih lanjut bisa lihat halaman di http://ultbbkt.kemdikbud.go.id/permohonan/keluh.php, ke email balaibahasa.kalteng@kemdikbud.go.id, dan bisa langsung ke Jalan Tingang KM 3,5, Kota Palangka Raya. (Hardi/beritasampit.co.id).