Kendalikan Penyebaran Covid-19, Pemkot Palangka Raya Perkuat PPKM Mikro

Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin.//IST_Antara/Rendhik Andika;

PALANGKA RAYA – Pemerintah Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, terus berupaya memperkuat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin, mengatakan PPKM Mikro merupakan langkah strategis karena penerapan protokol kesehatan dan petugas yang bertugas mengawasi bersentuhan langsung dengan masyarakat.

“Melalui PPKM berskala mikro ini, maka pengawasan ketat kepada masyarakat, termasuk pendatang dapat dilakukan dari tingkat kecamatan, kelurahan sampai ke RT RW,” katanya, Jumat 21 Mei 2021.

Di sisi lain penerapan PPKM Mikro juga sebagai upaya meningkatkan kesadaran dan peran aktif masyarakat dalam melaksanakan penerapan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat.

“Ke depan kita juga akan terus mengedukasi masyarakat sehingga setiap keluarga juga menjadi satgas di lingkungan keluarganya sendiri dalam penerapan prokes,” katanya. Dikutip dari Antara.

Pada PPKM mikro terdapat posko dan petugas yang melakukan pengawas prokes. Kegiatannya sama seperti yang dilakukan satgas. Hanya saja ini dilakukan oleh masyarakat di lingkungan RT sehingga lingkungan setempat semakin patuh terhadap protokol kesehatan.

BACA JUGA:   Pasar Ramadan Masjid Kampus Salahuddin UPR Sudah Dibangun

Pihaknya pun terus mengajak masyarakat di Ibu Kota Provinsi Kalimantan Tengah untuk selalu menerapkan protokol kesehatan Covid-19 agar penyebaran virus tersebut dapat ditekan.

Sementara terkait dengan ditemukan kasus varian B1617 virus korona, maka berbagai penguatan dan pengetatan protokol kesehatan terus dilakukan.Termasuk mengoptimalkan program vaksinasi kepada masyarakat.

Sementara itu berdasar data Satgas Covid-19 Palangka Raya sampai kemarin tercatat 28 orang pasien Covid-19 di kota setempat dinyatakan sembuh dari paparan virus tersebut, sehingga akumulasi masyarakat sembuh dari virus corona itu mencapai 5.594 jiwa.

BACA JUGA:   Panitia PKL 1 FEBI IAIN Palangka Raya Berikan Pembekalan untuk Mahasiswa ESY

Selain itu juga tercatat penambahan 24 kasus positif Covid-19 sehingga akumulasi warga kita yang positif terjangkit virus tersebut mencapai 6.128 orang.

Selanjutnya berdasar data Satgas Covid-19 Palangka Raya di wilayah yang dikenal dengan sebutan Kota Cantik ini yang positif dan masih menjalani perawatan sebanyak 338 orang.

Dari seluruh kasus Covid-19 yang ada juga tercatat jumlah kematian pasien sebanyak 196 orang meninggal dunia. Sementara masyarakat yang berstatus suspek Covid-19 tercatat 1.228 orang.

(BS-65/beritasampit.co.id)