Debit Air Katingan Meningkat, BPBD Imbau Warga Waspada

IST/BERITA SAMPIT - Kondisi disalah satu Feri penyeberangan warga di Tumbang Kaman masih bisa beraktivitas. (Foto : Netizen)

KASONGAN – Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kabupaten Katingan, Roby mengimbau warga dibagian hulu Katingan untuk tetap terus waspada, mengiat debit air di daerah tersebut terus meningkat.

Kendati demikian, menurut Roby sesuai dengan perkiraan BMKG bahwa menjelang akhir bulan Mei dan diawal bulan Juni 2021, adalah masa peralihan musin hujan ke musim kemarau, sehingga perubahan cuaca atau iklim sangat mungkin terjadi ekstrim, dari hujan sedang hingga lebat.

Dampaknya, air sungai naik permukaan dan dapat merendam bagian-bagian dataran rendah bahkan pemukiman penduduk yang berada di bantaran sungai Katingan yang agak rendah.

“Kenaikan permukaan air dibagian hulu memang sering terjadi sangat cepat, tetapi demikian juga turunnya dan surutnya pun cepat,” jelas Roby dengan beritasampit.co.id. Sabtu, 22 Mei 2021.

BACA JUGA:   Pemkab Katingan Upayakan Pemerataan dan Peningkatan Kualitas Kesejahateraan Masyarakat untuk Kemajuan Ekonomi Daerah

Dia mengiatkan masyarakat yang bermukim dibantaran sungai dan daerah-daerah yang rendah untuk terus waspada dan mengantisipasi kemungkinan banjir dadakan.

“Saya percaya bahwa Katingan di bulan Mei dan Juni ini tidak mengalami banjir. Semoga curah hujan yang cukup tinggi akhir-akhir ini masih dapat ditampung di sungai Katingan yang sudah banyak mengalami pendangkalan,” bebernya.

Hingga kini pihaknya terus melakukan pemantaun dan berkoordinasi dengan pihak kecamatan terkait potensi banjir.

Terpisah Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Katingan Andi Sentosa, mengakui bahwa pihaknya sempat mendapat informasi kenaikan debit air dibagian hulu Katingan sempat berdampak di akses jalan masyarakat.

“Air beberapa hari ini di hulu Katingan mulai naik ke bibir sungai. Jalan menuju katingan hulu sebagian ada beberapa tempat yang sulit dilalui akibat jembatan darurat rawan ambruk dan jalan tergenang air,” katanya.

BACA JUGA:   Satlantas Polres Katingan Gelar Operasi Keselamatan Telabang 2024 dengan Cara Unik

Selian daerah tersebut, Dia juga menyebutkan Sungai Samba di kecamatan Sanaman Mantikei juga naik, sampai bibir sungai di daerah pemukiman warga.

“Penyeberangan di desa Tumbang Kaman pagi ini masih bisa dilewati dan info sementara di desa tersebut sudah mulai surat,” tambahnya.

Pihaknya hingga sekarang tengah mengumpulkan data terkait meningkatnya debit air Katingan tersebut.

“Diimbau warga tetap waspada, Jangan lupa jaga kesehatan. Biasanya penyakit diare, demam berdarah dan penyakit kulit kerap menyerang warga,” imbaunya.

(Kawit/beritasampit.co.id)