Koramil 1014 -02/Kumai Perketat Pengawasan di Pelabuhan

IST/BERITA SAMPIT : Petugas Koramil Kumai, saat memeriksa pendatang yang masuk pelabuhan kecil atau ‘jalur tikus’ di sekitar DAS Kumai Kab.Kobar.

PANGKALAN BUN – Koramil 1014 -02/Kumai memperketat pengamanan sejumlah pelabuhan kecil/tikus yang ada di daerah Kumai untuk mencegah adanya kapal yang membawa penumpang masuk ke Kabupaten Kotawaringin Barat melalui jalur tidak resmi.

Hal ini dalam rangka mengantisipasi lonjakan kasus Covid 19 Pasca Lebaran yang disebabkan adanya pendatang dari luar daerah yang tidak terdata.

“Pelabuhan kecil merupakan jalur alternatif yang biasa dimanfaatkan warga untuk menumpang kapal barang masuk ke Kabupaten Kotawaringin Barat dari luar Pulau terutama pasca Lebaran,” kata Danramil 1014 -2/Kumai Kapten Arm Ahmad Zubaidi. Sabtu, 22 Mei 2021.

BACA JUGA:   Kodim 1014/Pbn Tanam 600 Pohon

Pihaknya juga telah bekerja sama dengan Polairud Polres Kobar dan Polsek Kumai beserta jajaran dan juga warga sekitar pelabuhan bersama-sama melakukan pengawasan.

Menurut dia, penyekatan jalur keluar masuk di wilayah kepulauan tersebut memang cukup berat karena ada banyak pelabuhan atau dermaga tambatan kapal barang atau perahu nelayan yang ada di sepanjang muara Pelabuhan Kumai.

BACA JUGA:   Kodim 1014/Pbn Tanam 600 Pohon

Dia berharap seluruh warga ikut berperan aktif dalam membantu mencegah mobilitas warga melalui pelabuhan-pelabuhan kecil.

“Pengetatan dan penyekatan ini kami lakukan untuk membantu upaya bersama mencegah penyebaran COVID-19 yang saat ini jumlah kasus di daerah ini masih saja ada,” ujarnya.

(man/beritasampit.co.id)