Berikan Pembinaan, Koramil 1015-13/Mentaya Hulu Dampingi Pengrajin Lanjung

PEMBINAAN : IST/BERITA SAMPIT - Babinsa koramil 1015-13/Mentaya Hulu Serda Reja Hendra saat memberikan pembinaan pengrajin lanjung di Kecamatan Mentaya Hulu, Kotim, Kalteng.

SAMPIT – Guna memberikan motivasi, Koramil 1015-13/Mentaya Hulu memberikan pembinaan mitra binaan dengan pengrajin pembuatan lanjung di Kecamatan Mentaya Hulu, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng).

Babinsa koramil 1015-13/Mentaya Hulu Serda Reja Hendra mengatakan, kegiatan seperti ini merupakan rutinitas setiap babinsa melakukan Komunikas Sosial (Komsos) dengan warga dan mitra yang ada di desa binaannya.

“Kegiatan ini bertujuan untuk menjalin kebersamaan Babinsa di Desa binaannya sehingga tercipta hubungan harmonis guna terwujudnya kemanunggalan TNI dan rakyat di desa binaannya,” ujarnya, Minggu 23 Mei 2021.

Reja menjelaskan, lanjung merupakan salah satu keranjang ciri khas masyarakat suku Dayak. Biasanya lanjung itu dibawa setiap hari untuk membawa alat dan perlengkapan lainnya termasuk bekal untuk ke kebun, lanjung itu berbentuk anyaman rotan.

“Pembuatan lanjung sudah menjadi tradisi di tiap-tiap rumah dan dengan adanya bencana covid -19, ibu-ibu banyak membuat lanjung dan dipasarkan keluar bahkan sering di bawa ke Kota Sampit untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata Reja.

Lanjung sudah banyak digunakan masyarakat di Kalteng untuk keperluan sehari hari baik di pedesaan maupun di perkotaan. Alasannya, fungsinya sangat efektif dan efisien juga mengandung nilai-nilai budaya.

Selain itu, lanjutnya, dengan adanya usaha pembuatan lanjung dapat membantu masyarakat sekitar untuk menambah pekerjaan dan hasil tambahan ekonomi keluarga.

Di tempat terpisah Danramil 1015-13/Mentaya Hulu Kapten Inf John Monthe menambahkan, Babinsa merupakan salah satu ujung tombaknya satuan di lapangan.

“Setiap Babinsa yang ada di Koramil 1015-13/Mentaya Hulu, saya perintahkan agar untuk selalu mengadakan kegiatan Komsos bersama warganya. Perlu diingat walaupun begitu tetap menerapkan 3M supaya terhindar dari Covid-19,” tegasnya.

(ifin/beritasampit.co.id)