Kodim 1014 Pangkalan Bun Membuka Rekrutmen Komcad Matra Darat

IST/BERITA SAMPIT - Kapten Mulyono saat memberikan arahan dan sosialisasi tentang wawasan Nusantara Indonesia.

PANGKALAN BUN – Dandim 1014 Pangkalan Bun Letkol (ARH) Derajad Tri Puro, SE melalui Pasi Ter Kodim 1014 Pangkalan Bun, Kapten Inf Mulyono mengatakan, bahwa Kodim 1014 telah menerima para pemuda yang direkrut menjadi Komponen Cadangan (Komcad) Matra Darat tahun 2021.

Menurut Mulyono, untuk memberikan pemahaman tentang pelaksanaan rekrutmen Komponen Cadangan (Komcad) matra darat tahun 2021, Kodim 1014 menggelar kegiatan pendataan dan sosialisasi tentang Komponen Cadangan di Aula Palapa Makodim, Senin 24 Mei 2021.

Kepada para peserta, dalam arahannya, Pasi Ter Kodim 1014/Pbn Kapten Inf Mulyono menyampaikan, sesuai pasal 1 UU nomor 23 tahun 2019 tentang PSDN untuk pertahanan negara, Komponen Cadangan adalah SDM yang telah disiapkan untuk dikerahkan melalui mobilisasi guna memperbesar dan memperkuat kekuatan dan kemampuan Komponen Utama.

Kata Mulyono, program ini terbuka untuk semua warga negara Indonesia (WNI) usia 18 sampai 35 tahun, yang secara sukarela ingin menjadi komponen cadangan. Masyarakat diperbolehkan untuk mendaftar menjadi komponen cadangan di Kodim atau di Koramil setempat.

“Jika ingin lolos seleksi calon komponen cadangan harus sehat jasmani dan rohani, serta tidak memiliki catatan kriminal yang dikeluarkan secara tertulis oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia,” ujar Mulyono.

Setelah dinyatakan lulus dalam seleksi, lanjut Dia, calon komponen cadangan wajib mengikuti pelatihan dasar kemiliteran selama tiga bulan. Nanti sewaktu-waktu negara membutuhkan maka seluruh Komcad Matra Darat siap ditugaskan. (Man/beritasampit.co.id).