Tanamkan Jiwa Nasionalisme Sejak Dini, Ini Kegiatan Babinsa Karang Mulya

IST/BERITA SAMPIT - Babinsa Desa Karang Mulya Praka Bagus berbagai cerita kepada anak-anak sekolah Al Manar.

PANGKALAN BUN – Usia dini menjadi momentum yang tepat untuk pembentukan karakter serta penanaman nilai moral bangsa, yang salah satunya ialah jiwa nasionalisme.

Dandim 1014 Pangkalan Bun Letkol (AHD) Derajad Tri Putro, SE melalui Praka Bagus Babinsa Desa Karang Mulya Koramil 1014-5/Pangkalan Banteng mengatakan, dengan menanamkan jiwa nasionalisme sejak usia dini, akan tumbuh generasi muda yang berkarakter, memiliki wawasan kebangsaan dan mencintai negeri serta tanah airnya.

“Untuk mewujudkan hal itu, kami sebagai aparat kewilayahan Babinsa Karang Mulya, Praka Bagus Koramil 1014 -05/Pangkalan Banteng, pada Senin, 24 Mei 2021 telah berkunjung ke Yayasan Pendidikan Al Anwar di Jalan A.Yani KM 26 Desa Karang Mulya Kecamatan Pangakalan Banteng Kabupaten Kotawaringin Barat untuk memberikan wawasan tentang Pancasila sebagai dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia,” kata Praka Bagus.

BACA JUGA:   Baru Dilantik Kades Runtu Menipu Warganya, Kini Meringkuk di Tahanan Polisi

Ia menuturkan, tujuan kegiatan tersebut adalah untuk menanamkan jiwa patriotisme maupun nasionalisme pada murid-murid di Yayasan Al Anwar, serta menumbuh kembangkan dalam diri anak-anak untuk cinta kepada tanah air dan bangsa sejak usia dini.

“Dengan lebih mengenal lagi apa itu Pancasila, saya berharap murid-murid di sini bisa paham akan isi dari Pancasila serta makna yang terkandung di dalamnya sehingga dapat mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari,” tutur Bagus, Senin 24 Mei 2021.

BACA JUGA:   Satlantas Polres Kobar Jaring 88 Sepeda Motor Terlibat Bali

Sementara itu, Plh. Komandan Koramil 1014 -05/Pangakalan Banteng Pelda Supriyanto yang dikonfirmasi melalui sambungan telepon mengatakan bahwa, materi Bela Negara yang diberikan oleh anggotanya sangat penting diajarkan dalam lembaga pendidikan, contoh saat sekarang ini para siswa/siswi harus mengetahui apa arti Bela Negara.

“Salah satunya adalah mematuhi aturan Pemerintah tentang disiplin protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19 agar para siswa/siswi menjadi generasi penerus cita-cita bangsa ini dan mengerti dan memahami tentang Bela Negara serta diharapkan kedepan para siswa/siswi setelah menerima pelajaran dari bapak-bapak Babinsa tidak akan lupa dengan materi pemahaman nilai-nilai Pancasila,” pungkasnya. (Man/beritasampit.co.id).